Anti Hoaks! Inilah Nomor WhatsApp Yang Bisa Kamu Tanya Seputar Corona !

187
Copyright©Okezone Techno

Nomor Yang Bisa Dihubungi Untuk Tanyakan Tentang Covid-19 !

Eratekno.com – Dengan merebakkan virus Covid-19 alias Corona di berbagai negara membuat orang-orang merasa ketakutan, ditambah lagi dengan banyaknya berita yang belum tentu benar yang beredar. Bahkan banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan informasi lewat WhatsApp soal Corona yang ternyata hoaks.

Mengantisipasi hal tersebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya resmi meluncurkan chatbot WhatsApp Covid-19 untuk mengetahui perkembangan informasi seputar pandemic yang diakibatkan oleh virus Corona.

Setelah diumumkan WHO dan WhatsApp melalui website resminya pada Jumat lalu,chatbot ini sudah bisa diakses oleh masyarakat mulai Sabtu kemarin. Masyarakat bisa mengakses chatbot dengan menyimpan nomor +4179893 1892.

Baca juga : Update WhatsApp Terbaru Bisa Deteksi ‘Kebohongan’!

Layanan chatbot WhatsApp ini mencakup informasi, mulai dari situasi, jumlah kematian, kesembuhan dan informasi lainnya selama 7 hari 24 jam. Layanan ini sendiri akan menanggapi serangkain informasi dan akan di perbarui setiap hari dengan informasi yang terbaru.

“Layanan yang mudah digunakan ini memiliki potensi untuk mencapai 2 miliar orang dan memungkinkan WHO menyampaikan informasi langsung ke orang-orang yang membutuhkan,” tulis WHO dalam siaran resminya, dikutip dari KompasTekno Senin (23/3/2020).

Copyright©Tempo

Saat pengguna WhatsApp mengakses layanan ini, WHO juga memberikan informasi resmi mengenai topik-topik seperti bagaimana melindungi diri dari infeksi korona, saran wisata dan membongkar mitos coronavirus baru hingga layanan donasi. Chatbot ini masih memakai Bahasa Inggris, tapi kedepannya direncakan akan tersedia dalam Bahasa Arab, China, Perancis dan Spanyol.

Baca juga : Hapus Saja Jika Dapat Pesan Ini di WhatsApp Atau Kejadian Apes Ini Akan Menimpamu !

Buat kamu nggak mau ribet dengan membacanya dalam Bahasa Inggirs, di Indonesia sendiri, Pemerintah juga bekerja sama dengan pihak WhatsApp dengan meluncurkan akun chatbot WhatsApp Covid-19 yang bisa di akses oleh masyarakat Indonesia untuk mengetahui perkembangan pandemic virus corona di Tanah Air.

Akun chatbot yang dikelola oleh pemerintah RI sendiri (bukan WHO) itu sudah bisa diakses masyarakat mulai Jumat, 23 Maret 2020 lalu. Pengguna WhatsApp di Indonesia bisa mengakses chatbot dengan menyimpan nomor +62811-3339-9000.

Layanan chatbot ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang valid dan tentu untuk mengurangi berita hoaks soal Corona yang belakangan beredar di WhatsApp yang malah bikin masyarakat makin panik yang justru berbahaya untuk kesehatan.

Baca juga : WhatsApp Punya Fitur Untuk Mudahkan Pengguna “Kerja Dari Rumah”, Wajib Dicoba !