Aplikasi Bawaan di Hp Android ini Bisa Dibajak, Buruan Update Deh!

0
179
Copyright©Kim Komando

Aplikasi Google Camera di Hp Android Bisa Bikin Ponselmu Dibajak

Eratekno.com – Seperti kita ketahui, didalam Hp Android pada saat kita membeli baru, pasti didalamnya terdapat sejumlah aplikasi bawaan yang jumlahnya cukup banyak. Dan yang ngeselin aplikasi ini tidak bisa dihapus dari dalam smartphone.

Hal ini dikarenakan, aplikasi yang ada didalam Hp Android tersebut merupakan bawaan Google sebagai pemiliki OS Android. Sehingga kalian tidak di izinkan untuk menghapus aplikasi tersebut nantinya, kecuali jika smartphone kalian sudah mendapatkan akses root.

Baca juga: Jangan Lakukan Update Dulu di HP Android Samsung ini, Ponselmu Bisa Terkunci!

Namun kali ini ada kabar yang kurang mengenakkan, dimana baru-baru ini ada sebuah laporan terbaru dari peneliti keamanan bernama Checkmarx. Dimana mereka mengungkapkan adanya celah keamanan pada salah satu aplikasi bawaan yang ada dialam Hp Android, ternyata menyimpan celah keamanan yang bisa di eksploitasi para hacker.

Copyright©Kim Komando

Checkmarx telah menemukan bug didalam aplikasi camera Google, dimana hal ini memungkinkan para hacker bisa mendapatkan izin akses mengendalikan Hp Android tanpa diketahui pengguna. Sebenarnya Google telah meningkatkan sektor keamanan terutama untuk urusan privasi.

Baca juga: Xiaomi Mi Mix Alpha Mampir di Indonesia, Bakal Dijual?

Akan tetapi para peneliti ini rupanya bisa mendapatkan izin akses tanpa persetujuan pada aplikasi camera tersebut. Memanfaatkan Bug tersebut, para hacker bisa membajak kamera Hp Android korban untuk mengambil foto, video, maupun melihat GPS untuk mengetahui lokasi pengguna.

Celah kode keamanan CVE-2019-2234 ini diketahui telah menyerang Hp Android dari Google Pixel serta Samsung. Namun tidak dijelaskan secara detail mengenai perangkat apa saja yang mengalami masalah tersebut.

Pihak Google mengklaim jika mereka sudah meluncurkan patch untuk menambal celah keamanan pada Hp Android miliknya. Sementara Samsung belum diketahui apakah sudah mengatasinya apa belum.

Baca juga: Nggak Perlu PowerBank, Lakukan Cara Ini Agar Baterai HP Android-mu Tahan Berhari-hari !