Aplikasi Google Ini Siap Manjakan Pengguna Smartphone, Internet Bisa Lebih Hemat!

0
193
Copyright©Teknologi.id

Google GO, Aplikasi Pencarian Ringan Yang Irit Internet

Eratekno.comGoogle tak henti-hentinya memberikan peningkatan untuk sejumlah layanan-nya demi kenyamanan pengguna. Jika sebelumnya Google dikabarkan telah menghadirkan fitur-fitur baru dalam platform-nya, kini kabar terbaru telah menyebutkan bahwa mesin pencari raksasa ini baru saja menghadirkan sebuah aplikasi baru yang mampu memanjakan pengguna Smartphone. Aplikasi apa?

Baca Juga : Google Sedang Garap Fuchsia, Calon OS Baru Pengganti Android?

Seperti yang diketahui bahwa Google baru saja meluncurkan sebuah aplikasi bernama Google GO di Indonesia dalam agenda ‘Google for Indonesia’ yang berlangsung di Jakarta. Dimana aplikasi ini akan menjadi pelengkap deretan aplikasi hemat lainnya dari Google seperti Youtube Go, Files GO dan Assistant GO, serta masih banyak lagi.

Dimana aplikasi Google GO ini sendiri telah dirancang lebih ringan dari aplikasi standar, sehingga pengguna bisa menikmati penelusuran yang cepat dan irit internet. Sebagaimana yang dikatakan oleh Product Management Directore Google Search, Kentoro Tokusei saat peluncuran aplikasi pencarian ringan tersebut. “Kami meluncurkan Google, aplikasi terbaru dengan dukungan AI (kecerdasan buatan) yang dirancang khusus untuk pengguna baru internet di Smartphone,” jelasnya.

Copyright©cnet

Pengguna baru ini adalah mereka yang berpindah dari featured phone ke Smartphone. Karena aplikasi dengan embel-embel “GO” ini memang hadir untuk memanjakan pengguna Smartphone entry-level yang memiliki spesifikasi rendah dan jaringan yang lambat. Google GO ini sendiri memiliki ukuran 5 MB saja dan menggunakan 40 persen lebih data untuk pencarian, sehingga tak heran jika aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat dengan RAM kecil dan koneksi 2G.

Meskipun aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna Smartphone kelas bawah, namun tak menutup kemungkinan untuk ponsel kelas menengah ke atas menggunakan aplikasi ini. Mereka juga bisa mendapatkan aplikasinya di Play Store.

Selain itu, perlu diketahui bahwa dukungan AI yang digunakan telah menyediakan konten berbahasa Indonesia yang lebih banyak, bahkan Google juga bekerjasama dengan Wikipedia. Sehingga Google akan mengidentifikasi artikel Wikipedia yang relevan namun hanya dalam Bahasa Inggris. Google sendiri juga akan memanfaatkan sistem neural machine translation untuk menerjemahkan artikel secara utuh.

Baca Juga : Deretan Produk Google Yang Gagal Dan Tidak Bertahan Lama, Apa Saja?