Aplikasi ini Diklaim Mampu Tangkal Berita Hoax !

0
403
[email protected]

Aplikasi ini Dapat Atasi Berita Hoax !

Eratekno.com – Peredaran berita palsu atau yang sering dikenal hoax sering membuat resah masyarakat. Dengan adanya masalah tersebut, kini hadir sebuah aplikasi anto hoax yang dibesut oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), yang merupakan salah satu organisasi yang peduli terhadap teknologi digital.

Aplikasi tersebut yakni Hoax Buster Tools (HBT) yang idharapkan dapat berperan serta untuk menekan beredarnya penyebaran berita hoax atau informasi yang tidak jelas asal usul dan keberannya.

Baca Juga : Inilah Daftar 10 Aplikasi Paling Boros Baterai dan Data !

Harry Sufehmi pendiri grup Mafindo yang menjelaskan aplikasi HBT merupakan aplikasi layaknya mesin pencari. Dijelaskannya, pengguna cukup memasukkan konten yang ingin dipastikan kebenarannya melalui aplikasi HBT.

[email protected]

Aplikasi HBT dapat mengecek status konten berita, foto, video, maupun akun di media sosial, apakah itu benar atau hoax,” kata Harry di Magelang.

Harry yang menyatakan, jika HBT baru dapat menangkal berita hoax di lingkungan domestik saja. Untuk saat ini, HBT yang telah tersedia untuk pengguna smartphone berbasis Android.

Nanti kedepan Harry yang akan mengemukakan bakal menyempurnakan HBT agar semakin mudah digunakan serta dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat luas, agar dapat menekan konten hoax yang kian bertambah marak.

Baca Juga : iPusnas, Aplikasi Baca Buku Koleksi Perpustakaan Nasional!

Langkah dari Mafindo tersebut diapresiasi dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Bukan hanya kepada Mafindo, Rudiantara juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat tetap peduli terhadap kualitas bangsa dalam penggunaan internet serta perkembangan teknologi digital.

Kami harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Kami tidak akan efektif tanpa bantuan dari masyarakat,” tutupnya.

Lepas dari itu, Direktorat Cyber Mabes Polri Brigjen Pol Fadil Imran yang menyatakan, bakal ada banyak serangan berita hoax serta ujaran kebencian di media sosial ketika akan mendekati Pilkada 2018.

Dia menambahkan, jika pihaknya bakal berpaya untuk memberantas hoax yang tengah berebdar di tengah masyarakat. Yakni melalui Satuan Tugas yang telah dibentuk.

Dia meyakini, jika penyebaran hoax serta ujaran kebencian tersebut bakal disebar melalui Facebook, seperti di tahun 2017.

Baca Juga : Wajib Baca! Begini Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa di Uninstall