Aplikasi ini Mampu Deteksi Corona Dengan Suara, Mau Coba?

156
Copyright©MerahPutih

Aplikasi Pendeteksi Corona Dengan Suara Dalam Uji Coba

Eratekno.com – Berbagai upaya tengah dilakukan semua orang untuk mengatasi masalah virus Corona yang menyerang berbagai negara. Dan salah satunya adalah mengembangkan sebuah teknologi yang bisa mendeteksi Corona dengan cepat dan murah.

Dan salah satunya yang bisa dilakukan ini adalah menggunakan aplikasi di smartphone yang mampu menganalisa suara penderita. Salah seorang periset di Carnegie Mellon University, Amerika Serikat, menyatakan jika Aplikasi tersebut mempu menentukan apakah orang tersebut menderita Corona apa tidak melalui suara.

Baca juga: Jangan Terkecoh, Aplikasi WhatsApp Ini Ternyata Menyimpan Bahaya Mengerikan !

“Saya melihat banyak perlombaan untuk diagnosa paling murah dan paling cepat. Ada beberapa yang cukup bagus dan benar-benar murah serta cukup akurat, tapi tidak ada yang bakal lebih murah dan semudah berbicara ke ponsel,” Ujar Benjamin Striner, mahasiswa Carnegie Mellon, dikutip dari laman Inet.Detik.

Copyright©MerahPutih

Aplikasi yang dimaksud ini memiliki nama Covid Voice Detector dan telah diuji coba saat ini. Namun sekarang pembuatnya masih belum berani untuk menjadi aplikasi miliknya tersebut sebagau satu-satunya alat untuk melakukan deteksei, pengguna masih harus dites lagi untuk memastikannya.

Baca juga: Membantu Banget, Aplikasi Android ini Wajib Ada di Smartphone Penderita Corona!

“Tujuan utama kami saat ini adalah mengumpulkan banyak rekaman suara yang bisa kami gunakan untuk meningkatkan algoritmanya,” ujar profesor Bhiksa Raj dari Carnegie Mellon.

Mereka begitu optimis jika aplikasi tersebut nantinya bakal sangat berguna bagi banyak orang terlebih untuk mendeteksi seseorang positif Corona dengan tepat. Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali negara yang kesulitan untuk melakukan tes Corona dalam jumlah masih karena minimnya ketersediaan alat dan juga biaya.

Baca juga: Berbahaya, Diam-diam Aplikasi Kerja ini Kirim Data Pengguna Ke Facebook!