Aplikasi WhatsApp di Indonesia Sudah Tidak Aman Lagi, Benarkah?

0
258
Copyright©Menyanibi

Aplikasi WhatsApp di Indonesia Bakal Diawasi Pemerintah

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui bersama, jika aplikasi WhatsApp ini dikenal dengan tingkat keamanan privasi yang tinggi bagi penggunannya. Dimana aplikasi ini menggunakan fitur enkripsi sehingga para pengguna pun tak sungkan untuk ngobrol apapun dengan aplikasi tersebut.

Akan tetapi sepertinya keamanan privasi dari pengguna WhatsApp tersebut tidak berlaku di Indonesia. Seperti dalam Rancangan Undang-undang Keamanan dan Ketahanan Siber (RUU KKS) yang bakal disahkan dalam masa akhir jabatan DPR Periode 2014-2019 mendatang, ada aturan baru dimana pemerintah memiliki kendali terhadap internet.

Baca juga: Seberapa Besar Cinta Pasanganmu? Cek dengan Obrolan di Whatsapp

Melalui Badan Siber dan Sandi Nasional. Maka nantinya privasi dan kebebasan berekspresi para pengguna internet, salah satunya layanan WhatsApp di Indonesia bisa terancam nantinya.

Copyright©Menyanibi

Seperti yang dilaporkan oleh laman Inet.detik, dalam pasal 11 telah dijelaskan tentang mitigasi resiko dan merespon adanya ancaman siber. Salah satu ancaman yang dimaksud ini adalah konten bermuatan negatif seperti yang tertera didalam ayat 2d.

Baca juga: Segera Aktifkan, Fitur Ini Bikin Akun WhatsApp Aman dari Serangan Hacker !

Nah guna melakukan deteksi dini dengan ancaman siber tersebut, maka BSSN bakal memantau jaringan internet yang ada di Indonesia. Pemantauan yang dimaksudkan ini termasuk sosial media seperti Facebook, maupun aplikasi pesan instant terpopler seperti WhatsApp.

Damar Juniarto, Executive Director SAFEnet menjelaskan jika RUU KKS ini memang cukup rawan untuk digunakan penyadapan massal. Jika RUU KKS ini disahkan nantinya, maka BSSN pun memiliki hak akses penuh untuk melakukan pendeteksian dari ancaman siber melalui jaringan internet di Indonesia.

“Bagaimana bisa melakukan pendeteksian dini kalau lalu lintasnya tertutup, berarti lalu lintasnya harus dibuka. Berarti BSSN mendeteksi lewat semua saluran internet yang dibuka untuk dia. Itulah yang disebut sebagai penyadapan massal. Semua saluran internet harus terhubung dengan pusat operasi BSSN, itu ada di pasal lain,” Kata Juniarto.

Pasal yang dimaksudkan oleh Damar tersebut merupakan pasal 31, yang isinya sebagai berikut:

Copyright©Oketekno

Damar menambahkan, jika sebenarnya sah-sah saja apabila BSSN melakukan penyadapan ini karena memang ada kaitannya dengan keamanan negara. Akan tetapi, perlu adanya batasan dimana hal itu dilakukan kepada sesorang yang terduga saja, seperti teroris. Namun apabila hal ini dilakukan secara menyeluruh, maka bisa saja ini menjadi kendala baru untuk keberlangsungan pengguna WhatsApp di Indonesia.

Baca juga: Matikan Sekarang Juga, Fitur WhatsApp Ini Ternyata Bikin HP Android Lemot !