Apple Bakal Jual MacBook Air Versi Murah Tahun Ini, Berapa Harganya?

0
336
macbook air
[email protected]

Tak Akan Lakukan Perubahan, Apple Akan Rilis MacBook Murah Kuarta Kedua 2018?

Eratekno.com – Apple dikabarkan berencana merilis laptop MacBook Air versi dengan harga terjangkau pada kuartal kedua 2018 mendatang. Informasi ini didapatkan dari analis KGI Securities Ming-Chi Kuo yang diketahui selama ini telah banyak memberikan analisisnya seputar perangat Apple.

Dihadirkan dengan harga lebih murah dengan tujuan mendorong penjualan laptop Apple supaya meningkat 10 hingga 15 persen tahun ini. Sedangkan difinisi ‘murah’ sendiri ialah dibawah harga seri Macbook Air saat ini. Cukup diketahui jika laptop berukuran 13 inci ini dijual dengan harga 99 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 13,6 jutaan.

Baca juga : Apple Garap Seri iPhone Terbaru, IPhone Plus Bakal Hadir dengan Layar Jumbo dan Dual-SIM

Bisa saja MacBook Air versi murah ini dapat dijual di kisaran harga Rp 10 jutaan hingga Rp 12 jutaan, atau bahkan lebih murah lagi. Dalam beberapa tahun tahn terakhir Apple tidak mengubah bentuk laptop super tipis miliknya itu. Namun hingga kabar ini mencuat, Ming-Chi Kuo belum menjabarkannya secara detail.

Diketahui jika tahun 2018 ini merupakan 10 tahun selebrasi kehadiran laptop Apple tersebut di dunia notebook. Varian laptop MacBook Air sendiri telah stagnan selama lebih kurang tiga tahun. Apple pun juga sempat mengeluarkan versi anyar pada tahun 2016, namun tak ada perubahan yang signifikan kala itu.

macbook air
[email protected]

Sejumlah pihak pun menyebut sudah waktunya perangkat ini tutup usia, pasalnya kebanyakan laptop yang beredar di pasaran saat ini mengusung desain tipis yang notabennya menjadi keunggulan perangkat Apple ini. MacBook Pro pun kini dibuat lebih tipis, sehingga jika MacBook Air tetap eksis, akan terjadi pengulangan produk. Masyarakat dikhawatirkan sulit membedakan MacBook Pro dan MacBook Air.

Baca juga : Tak Hanya iPad Pro, Apple Bakal Merilis Dua iPad Terbaru dengan Sederet Kelebihan Tahun 2018

Sementara itu, sejak bertahun-tahun kehadirannya, baru pada musim panas lalu Apple memperbarui MacBook Air dengan prosesor Intel 1.8GHz yang lebih cepat. Namun sayangnya sejauh ini belum diketahui MacBook Air seperti apa yang bakal dirilis Apple serta berapa banderol harga perangkat tersebut. Laporan sebelumnya mengungkapkan, Apple juga akan memperbarui perangkat AirPods mereka.

Tercatat awal Juni 2017 lalu, Apple justru memastikan jika MacBook Air masih eksis dengan merilis MacBook Air 13 inci yang dibekali prosesor 1,8GHz. Pembaruan MacBook Air 13 inci ini hanya dari sektor CPU. Tak ada pembaruan lain yang ditawarkan perusahaan yang bermarkas di Cupertino Amerika Serikat itu. Bahkan, Apple masih menggunakan prosesor Intel generasi kelima, Broadwell, pada perangkat ini. Oleh karena itu, model MacBook Air teranyar ini sesungguhnya masih mengusung spesifikasi serupa dengan MacBook Air di versi 2015.

Baca juga : Tak Hanya Apple, Samsung Juga Dituding Bikin Ponsel Lemot