Apple Hapus Aplikasi Stiker WhatsApp dari App Store, Ada Apa?

0
131
Copyright©tribun batam

Apple Hapus Semua Aplikasi Stiker WhatsApp

Eratekno.com – Belum lama ini WhatsApp telah menghadirkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa mengirimkan pesan menggunakan stiker. Fitur stiker ini sendiri telah diluncurkan ke semua perangkat baik Android maupun iOS pada akhir bulan lalu. Baru beberapa minggu diluncurkan, fitur stiker di WhatsApp ini langsung ngetrend di kalangan pengguna.

Baca Juga : Pengguna iOS Bisa Terima Update Fitur WhatsApp Lebih Dulu, Begini Caranya!

Namun beberapa waktu setelah perilisan, banyak aplikasi stiker WhatsApp yang muncul di Google Play Store dan App Store. Terkait hal ini, pengguna iOS sepertinya harus menahan diri untuk tidak mengunduh stiker baru. Sebagaimana yang diketahui dari akun Twitter @WABetaInfo yang dikenal sering membocorkan beberapa informasi tentang WhatsApp, dan kali ini akun tersebut menyebutkan bahwa Apple telah menghapus semua aplikasi stiker WhatsApp di App Store. Kenapa?

Copyright©Twitter

Terkait hal ini, Apple telah menjelaskan dengan memberikan tiga alasan, mengapa pihaknya memilih untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut yang dianggap melanggar aturan dan akhirnya dihapus dari platform-nya. Adapun alasan pertamanya adalah karena terlalu banyak aplikasi dengan perilaku yang serupa.

Selanjutnya, karena aplikasi stiker tersebut membutuhkan aplikasi WhatsApp agar bisa diunduh dan digunakan, padahal menurut Apple, aplikasi tidak boleh membutuhkan aplikasi lain untuk berjalan. Selain itu, Apple juga mengklaim bahwa semua aplikasi stiker tersebut memiliki desain yang sama. Jadi Apple memilih menghapusnya agar App Store tidak dipenuhi aplikasi dengan kegunaan yang sama, bahkan pihaknya juga tidak akan menerima pengujian aplikasi stiker baru.

Cara menyediakan pack stiker WhatsApp di Play Store dan App Store sendiri diketahui memang berbeda dari yang lain seperti contoh Telegram dan Line yang menghadirkan pack stiker di platform-nya tanpa mengunduh aplikasi sendiri. Paket stiker di WhatsApp sendiri sebenarnya juga bisa bekerja secara offline, namun pengguna membutuhkan koneksi internet aktif ketika mengunduh paket stiker, dan kemudian baru bisa digunakan secara offline. WhatsApp sendiri telah menghadirkan 12 paket stiker yang bisa dipilih dan bisa dijadikan stiker favorit.

Baca Juga : Makin Mudah, Cara Tambahkan Teman di Whatsapp Bakal Gunakan Fitur ini!