Apple Tolak Pasang Aplikasi Pemerintah India ! Kenapa ?

0
270
apple
[email protected]

Apple Tolak Pasang Aplikasi Pemerintah India ! Benarkah ?

Eratekno.com – Jika anda pernah mengalami atau mendapatkan SMS yang berisi tentang iklan yang bersifat spamming pasti rasanya menjengkelkan. Hal yang sama juga ingin diatasi oleh pemerintah bidang telekomunikasi di India, yakni dengan membuat aplikasi anti-spam di ponsel.

Baca Juga : Resmi Meluncur, Apple Hadirkan iPad 9,7 Inci dengan Banderol Murah, Berapa Harganya?

Walaupun aplikasi tersebut terlihat membantu, namun Apple yang menjajakan ponsel besutannya di India mengaku tidak setuju terhadap adanya aplikasi tersebut, sehingga mampu menimbulkan perseteruan. Seperti yang dikutip dari Reuters, Apple yang menyatakan menolak untuk mengusung aplikasi tersebut untuk sistem operasi iOS sebab aplikasi tersebut  yang bernama Do Not Disturb besutan pemerintah India, yang meminta akses untuk mengenali pesan dan panggilan yang masuk ke ponsel.

iPhone
Copyright©Apple

Bagi Apple, hal tersebut merupakan sebuah pelanggaran privasi pengguna ponselnya. Seperti yang diketahui jika perusahaan teknologi tersebut sangat menjunjung tinggi perlindungan mengenai privasi pengguna perangkatnya, apalagi Apple. Oleh sebab itu, Apple yang terancam bakal dituntut ke pengadilan oleh pemerintah India, atas tindakan yang diperkirakan anti terhadap perlindungan konsumen.

Baca Juga : Inovasi Baru, 2 Tahun Lagi, Apple Hadirkan iPhone Lipat ! Benarkah ?

Dibulan Oktober yang lalu, Apple yang berjanji untuk membantu, tetapu belum ada perbincangan lebih lanjut sampai dengan saat ini. Dimana Apple sendiri yang sudah memberikan jawaban minggu lalu, jika pihaknya masih mencari metode dan berdialog dengan pemerintah India untuk dapat merilis sebuah aplikasi tersebut, namun tanpa melanggar privasi data pengguna ponsel.

Belum diketahui bentuk tuntutan seperti apa yang bakal diajukan oleh badan regulasi telekomunikasi pemerintah India terhadap Apple nantinya. Sementara aplikasi DO Not Disturb yang telah tersedia di ponsel Android sejak tahun 2016. Apple yang dinilai tak sejalan dengan apliasi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah India.

Sementara beberapa bulan yang lalu, Apple yang sempat menghapus aplikasi jenis VPN dari App Store untuk pengguna di kawasan Tiongkok. VPN merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna dapat mengakses halaman situs yang diblokir oleh penyedia internet setempat. Sementara, di Tiongkok aplikasi VPN dilarang keras. Bahkan pembuat dan juga pengguanya dapat diancam penjara.

Baca Juga : Wah Berani Banget, Ini Nih yang Dilakukan Huawei Buat Tantang Apple dan Samsung!