AWAS! Aplikasi Bawaan Ini Malah Bikin HP Android Mudah Diretas Lho!

546
Copyright©Brilio

Update Sekarang, Aplikasi Bawaan Ini Bikin HP Androidmu Mudah Dihack

Eratekno.comBeberapa waktu belakangan ini celah keamanan pada HP Android memang tengah menjadi sorotan tajam. Pasalnya banyak ditemukan aplikasi Android yang terdapat di Google Play Store ternyata mengandung malware berbahaya.

Dan kali ini malah aplikasi bawaan yang membuat HP Android berisiko di retas. Yups jika kamu sedang menggunakan smartphone berbasis Android dengan versi sebelumnya atau bukan yang terbaru, kemungkinan ponselmu bisa terkena resiko peretasan.

Peniliti keamanan di ERNW belum lama ini menjelaskan kerentanan pada BlueFrag yang memungkinkan para hacker secara diam-diam mengirim malware dan mencuri data dari HP Android terdekat yang menjalan OS Android 8 Oreo atau Android 9 Pie.

Baca juga : Berkedok Tingkatkan Kinerja Smartphone, Deretan Aplikasi Android Ini Ternyata Berbahaya !

Sementara itu di lansir dari laman Engadget pada Senin, 10 Februari 2020 kemarin, penjahat siber itu nhanya perlu mengetahui alamat MAC Bluetooth dari calon target dan itu kadang-kadang mudah di tebak hanya dengan melihat alamat5 MAC Wifi. Pengguna HP Android bahkan tak tahu jika serangan sedang terjadi, itu menurut ERNW.

Meski begitu ada kabar baik yakni serangan nirkable ini tak akan bekerja dengan Android 10. Ada kemungkinan versi sebelumnya Android 8.0 Oreo bisa terpengaruh, tapi tim belum mengevaluasi dampak pada versi Android yang lebih lawas.

Copyright©klimgox.pw

Pengguna HP Android bisa melindungi diri sendiri dengan menginstall patch keamanan Februari 2020 dan dengan celah keamanan Bluetooth berarti pengguna harus relative dekat dengan penyerang. Ini terutama akan menjadi perhatian diruang public yang mana banyak target.

Baca juga : HP Android RAM 8GB Ini Resmi Meluncur dengan Harga Lebih Murah, Mau Beli?

Seperti yang telah dibayangkan, masalahnya adalah bahwa banyak perangkat yang terpengaruh kehilangan pembaruan software atau tidak menerimanya secara konsisten. Google hanya mengharuskan pabrikan ponsel populer untuk menyediakan pembaruan keamanan selama dua tahun, dan kebijakan ini tampaknya telah diberlakukan pada awal 2019.

Lantaran Android 8.0 Oreo sudah melewati dua tahun dari awal perilisannya, maka pengguna HP Android dengan OS ini tak akan mendapatkan perbaikan BlueFrag jika ponselnya cukup lama. Persyaratan tersebut juga memungkinakn vendor mencapai hingga 90 hari sebelum memperbaiki sebuah kekurangan yang ada.

Hal ini malah membuat pengguna rentan selama berbulan-bulan, meski mereka dijadwalkan untuk mendapatkan update keamanan.

Baca juga : Bawa Empat Kamera dan Baterai 5000mAh, Harga HP Android Ini Bikin Ngiler !