Awas Jika Terima Pesan WhatsApp Seperti Ini, Berbahaya!

19734
Copyright©Oketekno

Pesan Gambar di WhatsApp Bisa Disusupi Hacker

Eratekno.com – Belakangan ini aplikasi chatting terpopuler, WhatsApp memang sedang aktif-aktifnya mengupgrade fitur. Namun disamping pembaruan yang dilakukan oleh perusahaan yang bekerja dibawah pengawasan Facebook ini ternyata ada satu hal yang cukup mengejutkan.

Dimana salah seorang peneliti keamanan bernama Awakend mengklaim apabila keamanan di aplikasi WA sedang terancam.  Hal ini dikarenakan terdapat celah keamanan yang masih bolong pada aplikasi tersebut.

Baca juga: Waduh! Ponsel Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp, Punyamu Termasuk?

Sehingga celah tersebut dapat di susupi oleh bug bernama double-free. Double-free merupakan sebuah lahan yang dijadikan sebagai penyusup oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka menjadikan gif yang mengandung kode berbahaya untuk menyusup ke sebuah akun WhatsApp.

Copyright©Oketekno

Hal yang paling berbahaya dari double-free ini adalah hilangnya data-data penting yang ada di dalam akun. Selain itu kehadiran double-free juga menjadi salah satu penyebab rusaknya kartu memori hingga memblokir akun WhatsApp si pengguna.

Baca juga: Matikan Sekarang Juga, Fitur WhatsApp Ini Ternyata Bikin HP Android Lemot !

Di kesempatan yang sama pihak Awakened juga membeberkan terkait cara kerja dari bug berbahaya tersebut. Hal pertama yang dilakukan oleh bug adalah mengirimkan gambar bergerak/GIF yang memiliki kode rahasia didalamnya.

Setelah si pemilik akun membuka GIF tersebut, secara perlahan bug mulai melakukan penyerangan hingga mengakses ke galeri pada akun WhatsApp. Celah keamanan pada aplikasi tersebut terletak di bagian Gallery Display.

Akun WhatsApp yang terancam diserang oleh bug berbahaya tersebut adalah akun yang terpasangp ada android versi 8.1 oreo dan 9.0 pie. Sedangkan untuk smartphone android yang versinya dibawah itu memiliki peluang penyerangan yang lebih kecil.

Keberadaan bug berbahaya ini sendiri rupanya juga sudah sampai ke telinga Facebook. Perusahaan yang dinaungi oleh Mark Zuckerberg ini juga sudah mengkonfirmasi tentang hal tersebut kepada pihak Awakened dan memintanya untuk memperkuat sistem keamanan pada aplikasi WhatsApp.

“Eksploitasi bug bekerja di WhatsApp versi 2.19.230. celah keamanan itu tela ditambal dengan pembaruan WhatsApp versi 2.19.244.” Pungkas salah satu perwakilan dari Awakened seperti yang dilansir dari Gizmodo, pada hari Kamis(3/10).

Lalu bagaimana cara mengantisipasi munculnya bug merugikan tersebut? Salah satu cara aman untuk menghindari keberadaan bug tersebut adalah dengan mempebarui aplikasi WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Punya Fitur Hapus Pesan Otomatis, Gimana Caranya?