Awasi Anak! Ini Dia Cara Aktifkan Parental Control di Play Store

0
451
copyright©megebyte

Berikut Cara Aktifkan Parental Control di Play Store

Eratekno.com – Dengan lebih luasnya penggunaan ponsel terhadap anak-anak dan remaja kini menjadi sebuah titik keprihatinan banyak orang terkait dampak negative yang telah ditimbulkan. Selain itu, tercipta juga khawatir dari orang tua terhadap anak-anaknya karena sekarang banyak penyebaran konten negative yang tidak pantas dilihat anak-anak di bawah umur.

Untuk itu, kita perlu mengatasi hal tersebut dengan berbagai cara. Vendor smartphone juga berusaha untuk memberikan solusi dengan menyediakan ruangan khusus yang diberi nama Kids Space yang akan memungkinkan para orang tua untuk mengawasi buah hatinya.

Namun, tidak semua ponsel mendukung fitur yang dimaksudkan. Akan tetapi masih beruntung karena mode parental control yang memiliki fungsi hampir sama kini menjadi pilihan alternative. Untuk itu, bisa simak Cara Aktifkan Parental Control di Play Store berikut ini.

Baca Juga : Terinfeksi Malware, Google Tendang 60 Game dari Play Store !

Cara Aktifkan Parental Control di Google Play Store

copyright©droidviews
  • Pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka Play Store dan langsung masuk ke menu pengaturan. Untuk melihatnya bisa geserkan jari di sebelah kiri mengarah ke kanan.
  • Jika sudah membuka menu settings bisa langsung temukan Parental Control dan pastikan berada dalam kondisi menyala atau aktif.
  • Jika belum diaktifkan, maka geserlah bar tersebut ke arah kanan.
  • Setelah itu, kita akan diminta untuk memasukkan PIN yang harus dimasukkan setiap kali ingin mengubah pengaturan tersebut.
  • Tentukan pembatasan konten yang ingin diterapkan dengan mengetap ‘Apps & Games’.
  • Setelah itu, kita akan dihadapkan dengan kategori pembatasan yang diinginkan sesuai usia. Sehingga dengan memilih kategori tersebut akan membuat game dan aplikasi dengan usia yang sesuai yang akan muncul.

Nah, dengan menggunakan Parental Control ini maka, kita bisa melihat game dan aplikasi sesuai dengan usia, seperti contoh, jika kita memilih rating 13+ maka yang ditampilkan tidak lebih di atas rating tersebut.

Dengan demikian, cara aktifkan parental control ini akan membantu kita untuk lebih memantau dan mengawasi anak-anak dalam menggunakan ponsel. Meskipun tidak banyak yang bisa dilakukan oleh parental control ini tapi setidaknya Google Play ini telah menyaring aplikasi sesuai tingkatan usia.

Baca Juga : Inilah Tips Agar Smartphone Android Kamu Lebih Awet !