Bahaya Ini Mengancam Kalian Jika Pakai Wifi Publik Gratis di HP Android!

0
893
Copyright©Guiding Tech

4 Bahaya Pakai Wifi Publik Gratis di HP Android

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, jika saat ini sudah banyak sekali layanan publik yang menyediakan Wifi sebagai salah satu fasilitasnya. Dengan begini maka banyak para pengguna HP Android yang tidak mau melewarkan kesempatan tersebut untuk online.

Namun taukah kalian, jika dibalik layanan gratisan ini ada bahaya yang mengancam HP Android kalian? Bahaya ini memang tak kasat mata, sehingga banyak orang yang tak menyadari akan hal tersebut. Berikut sejumlah bahaya yang mengancam kalian saat pakai layanan wifi gratis.

Baca juga: Dua HP Android Samsung Murah Ini Dapat Update Android 10, Cek Punyamu!

Serangan Man-in-the Middle (MitM)

Bahaya yang pertama ini secara singkatnya adalah obrolan kalian bisa disadap oleh orang lain nantinya. Dengan menggunakan Wifi Publik, para hacker tentu akan sangat mudah untuk menyusup ditengah obrolan kalian, sehingga bukan tidak mungkin jika mereka bisa tahu aktifitas dan bahkan data pribadi kita yang ada didalam smartphone.

Copyright©Psafe

Bisa Disusupi Malware

Perlu kalian ingat, jika tidak semua jaringan Wifi, khususnya yang gratisan itu terpercaya, dimana ada sejumlah oknum yang sering membuat jaringan palsu. Tujuan satu, dimana mereka ingin menjebak para pencari Wifi gratisan dari HP Android, sekalinya berhasil maka mereka dengan mudah untuk memasukkan malware pada jaringan kita.

Baca juga: Rilis Quad-Camera 48MP dan RAM 8GB, Harga HP Android Bikin Pengen Beli !

Snopping dan Sniffing

Tehnik ini sangat terkenal bagi kalian yang paham soal penyadapan Wifi, dimana aktifitas ini bisa menyadap sinyal wifi guna mengetahui aktifitas kita di internet. Nah buat kalian yang suka pakai wifi gratisan di HP Android, maka berhati-hatilah saat membuka sosial media, karena bisa jadi para hacker mengambil alih akunmu.

Rentan Terserang Worm

Biasanya Virus membutuhkan sebuah program agar mereka bisa bekerja. Berbeda dengan Worm, dimana mereka bisa bergerak sendiri untuk menginveksi HP Android kalian.

Seperti yang dilaporkan oleh laman Cisco, jika penyebaran Worm ini bisa saja terjadi melalui pemindahan file dan juga jaringan Wifi dengan perangkat yang sebelumnya sudah terinfeksi.

Baca juga: Punya Layar Setara ROG Phone 2, Harganya HP Android Cukup Terjangkau Lho !