Banyak Digunakan, Ternyata Aplikasi Zoom ini Memiliki Bahaya yang Mengintai Pengguna!

202
Copyright©playstore

Aplikasi Zoom Memiliki Keamanan Privasi yang Minim?

Eratekno.com – Imbauan pemerintah untuk tetap dirumah pun membuat sejumlah perusahaan mengadakan kebijakan Work From Home (WFH). Untuk memudahkan aktiftas mereka yang bekerja dikantoran maka mereka pun memanfaatkan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Dimana Zoom ini adalah sebuah aplikasi video conference untuk melakukan komunikasi. Bahkan sejumlah pejabat pun menggunakan aplikasi ini untuk melakukan komunikasi dengan jajaran menterinya.

Baca juga: Jangan Terkecoh, Aplikasi WhatsApp Ini Ternyata Menyimpan Bahaya Mengerikan !

Tidak hanya di smartphone, aplikasi Zoom ini juga bisa digunakan di PC. Tapi anda tenang saja karena Zoom PC tersebut masih tetap memiliki fitur yang sama dengan yang ada di smartphone.

Copyright©playstore

Meskipun pihak Zoom ini menjanjikan keamanan sistem dan privasi bagi pengguna, namun faktanya hal tersebut tidak sepenuhnya benar.  Sebuah media ternama yakni The Intercept, telah melaporkan jika aplikasi ini tidak melakukan enkripsi dalam panggilan video yang dilakukan oleh pengguna.

Baca juga: Smartphone Murah Rp1jutaan Desain Menawan Resmi Masuk Indonesia, Mau Beli?

Hal ini dikonfirmasi oleh juru bicara Zoom. Menurutnya sistem keamanan dari aplikasi Zoom Cloud Meeting ini hanya mengandalkan protocol Transport Layer Security (TLS) dalam kerjanya.

“Saat ini, tidak memungkinkan untuk menghadirkan enkripsi end-to-end untuk panggilan video Zoom. Zoom menggunakan kombinasi TCP dan UDP sebagai pengamanan. TCP dibuat berdasarkan protokol TLS,” ungkap juru bicara Zoom, dikutip dari laman Kompastekno.

TLS sendiri adalah sebuah protocol yang digunakan untuk memperkuat keamanan website dengan protocol komunikasi berupa HTTPs. Berbeda dengan keamanan Enkripsi End-to-End yang membuat komunikasi pengguna dijamin aman dan tidak bisa diintip oleh para peretas.

Selain itu, sebuah media teknologi ternama yakni Motherboard juga mengatakan jika aplikasi Zoom ini juga membocorkan alam email serta foto pengguna pada orang asing. Hal ini muncul berawal dari menu ‘Company Diretory’ yang memungkinkan pengguna Zoom dikelompokkan dalam daftar kontak menggunakan email dan domain yang sama.

Baca juga: Aplikasi ini Mampu Deteksi Corona Dengan Suara, Mau Coba?