Baru Rilis, Fitur GIF di Instagram Tiba-Tiba Dihapus, Kenapa?

0
1157
GIF
copyright©Instagram

Mengandung Konten Rasisme, Instagram dan Snapchat Blokir Fitu Stiker GIF!

Eratekno.com – Seperti di ketahui belum lama ini, Instagram baru saja meluncurkan fitur GIF yang langsung menarik perhatian pengguna. Namun belum lama di rilis, Instagram dan Snapchat untuk sementara waktu memblokir fitur penyematan gambar bergerak GIF dari layanan mereka.

Hal ini di lakukan menyusul laporan pengguna terkait stiker GIF yang di nilau mengandung konten rasisme pada kedua platform tersebut. konten rasisme yang di maksud adalah GIF dengan sisipan kata sensitive bagi kaum kulit hitam atau kerap di istilahkan “N-Word”. GF itu berasal dari perpustakaan Giphy yang merupakan mitra pihak ketiga Instagram dan Snapchat.

“Konten seperti ini tak memiliki tempat di Instagram. Kami telah menghentikan integrasi dengan Giphy sembari mereka menginvestigasi kasus ini,” kata juru bicara Instagram.

Baca juga: Tips Keren dari Bos Instagram bagi Kamu yang Suka Menunda Pekerjaan !

instagram
copyright©drodlime

Hal serupa juga di sampaikan oleh pihak Snapchat. Menurut juru bicaranya, pemblokiran GIF bakal di cabut oleh Snapchat jika Giphy berkomitmen meniadakan konten-konten semacam itu.

“Kami menghapus GIF dan memblokir akses Giphy hingga kami yakin kejadian seperti ini tak akan terulang lagi. Kami menunggu tim Giphy untuk menyelidikinya,” kata juru bicara Snapchat.

Selain itu, juru bicara Snapchat juga mengatakan semua GIF di layanannya semestinya aman di akses bagi remaja 13 tahun ke atas. Kejadian ini merupakan tamparan agar lebih jeli dan peka terhadap konten yang bersifat sensitive.

Baca juga: Bersaing, Ini Dia Perbedaan Fitur Video Call di Instagram dengan Snapchat!

Menanggapi hal itu , di lansir dari TechCrunch pada Minggu, 11 Maret 2018 kemarin, pihak Giphy pun akhirnya angkat bicara. Menurut pihaknya, gambar bergerak bernuansa rasisme menyebar karena adanya bug pada sistem penyaringan GIF.

“Kami telah memperbaiki bug-nya dan mengatur ulang semua GIF yang tersedia di perpustakaan kami,” kata juru bicara Giphy.

Seperti di ketahui integrasi Giphu dengan Instagram di mulai sejak Januari 2018 lalu. Kemudian Snapchat menyusul pada Februari 2018 lalu. Seperti stiker jenis lain, GIF di platform Instagram Stories dan Snapchat juga bisa di atur ukurannya dan di setel penempatannya. Jika tak sesuai, GIF bisa di hapus dengan mekanisme yang lumrah ketika menghapus stiker.

    Baca juga Waduh,, Blackberry Tuntut Facebook, WhatsApp dan Instagram, Kenapa?