Belum Tahu? Beberapa Aplikasi iPhone Ini Diam-Diam Rekam Layar Pengguna Tanpa Izin!

0
152
Copyright©Tribunnews.com

Berikut Deretan Aplikasi iPhone Perekam Layar Tanpa Izin

Eratekno.com – Seiring dengan perkembangan teknologi, bukan hanya Smartphone canggih yang hadir tetapi juga aplikasi baru banyak bermuncul untuk mempermudah aktivitas pengguna. Bukan hanya Aplikasi Android saja yang selalu update, tetapi Aplikasi iPhone sendiri juga tak ingin kalah saing. Namun, perlu diketahui bahwa sejumlah perusahaan besar secara diam-diam ternyata merekam setiap aktivitas pengguna iPhone melalui aplikasi loh!

Baca Juga : Belum Tahu? Inilah 5 Fitur Rahasia iPhone Yang Jarang Diketahui!

Bahkan Aplikasi iPhone tersebut bukan hanya mengungkapkan apa saja kegiatan yang dilakukan oleh pengguna saat menggunakan ponsel, melainkan juga berpotensi bisa mengekspos data sensitif seperti pin kartu kredit dan lain-lain. Sebagaimana yang diketahui dari laporan Tech Crunch, bahwa “Setiap ketukan, tombol tekan dan entri keyboard dicatat, screenshot, kemudian dikirim kembali ke pengembang aplikasi,”.

Adapun Aplikasi iPhone yang diketahui telah merekam layar pengguna tanpa izin ini termasuk Hotels.com, Air Canada, Singapore, Airline, Expedia, Hollister serta Abercrombie & Fitch. Untuk aksi perekaman layar sendiri, setiap perusahaan akan memanfaatkan pihak ketiga, Glassbox, sebuah firma analisis pengalaman pelanggan yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk menanamkan teknologi ‘replay sesi’ (session replay).

Copyright©klimgox.pw

Pengembang sendiri mampu merekam layar pengguna iPhone serta memutar-nya untuk melihat penggunaan aplikasi melalui tools Glasssbox tersebut. Terkait hal itu, Tech Crunch mencoba untuk menyelidiki isu tersebut dengan meminta para pakar mobile ‘The App Analyst’ untuk memeriksa aplikasi yang terdaftar sebagai pelanggan Glassbox serta melihat data apa yang mereka peroleh saat merekam aktivitas pengguna.

Setelah investigasi selesai, pihak The App Analyst tersebut telah melaporkan bahwa “Karena data ini sering dikirim kembali ke server Glassbox, saya tidak akan terkejut jika mereka telah memiliki contoh berupa menangkap informasi dan kata sandi perbankan yang sensitif,” ungkapnya.

Mengenai hal ini, Apple sendiri telah memberikan peringatan untuk pada para pengembang agar mereka menghapus atau menutup penggunaan kode analitik yang memungkinkan perekaman ilegal yang dilakukan Aplikasi iPhone tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Transfer File iPhone dengan Aplikasi IOTransfer 3