Belum Tahu? Begini Cara Melihat Aplikasi yang Sering Digunakan di Smartphone Android!

0
916
Copyright©liputan6

Cara Mengetahui Aplikasi yang Sering Berjalan di Smartphone Android

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa setiap pengguna Smartphone Android pastinya memiliki beberapa aplikasi di dalamnya untuk mempermudah aktivitas, seperti chatting, browsing dan masih banyak lagi. Beberapa waktu lalu, sejumlah perangkat Android sendiri telah mendapatkan pembaruan OS Android Pie dengan sejumlah fitur menarik di dalamnya.

Baca Juga : 4 Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Terpasang di Smartphone Android!

Salah satu fitur yang terdapat dalam OS Android Pie sendiri memungkinkan pengguna bisa mengetahui aplikasi apa saja yang sering digunakan, sehingga mereka bisa mengurangi pemakaian aplikasi tersebut jika memang sudah melebihi batas. Belum tahu caranya? Langsung simak ulasannya berikut ini. Namun sebelumnya perlu dicatat ya, bahwa ini hanya bisa digunakan di OS Android Pie.

Cara Mengetahui Aplikasi yang sering Digunakan di Smartphone Android

  • Pertama-tama, kalian bisa membuka menu pengaturan di masing-masing Smartphone Android kalian. Di menu Pengaturan, kalian bisa gulir ke bawah hingga menemukan opsi ‘Kesehatan Digital’, setelah kalian klik opsi ini, maka akan muncul sebuah bagan yang menampilkan banyak informasi dengan berbagai penjelasan berbeda.
Copyright©Androbuntu
  • Tampilan tersebut menampilkan sebuah lingkaran yang dibagi menjadi beberapa warna untuk mewakili masing-masing nama aplikasi yang sering digunakan. Dan semakin panjang warna tersebut, maka artinya aplikasi itu makin sering digunakan.
  • Saat kalian klik salah satu warna tersebut, maka di bawahnya akan ada penjelasan terkait berapa kali aplikasi tersebut digunakan pada hari ini, serta berapa notifikasi yang sudah diberikan oleh aplikasi tersebut.
  • Untuk mengetahui informasi yang lebih banyak, kalian bisa scroll ke bawah.

Nah, seperti itulah cara untuk mengetahui aplikasi apa yang sering digunakan di Smartphone Android yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah. Fitur ini sendiri sebenarnya bisa digunakan untuk mengatur penggunaan ponsel agar tidak terlalu sering membuka aplikasi tertentu khususnya media sosial dan membantu mengurangi penggunaan aplikasi tersebut. Cara ini sendiri telah dicoba dalam Smartphone Xiaomi Mi A1 berbasis Android Pie, jadi untuk merek lain mungkin akan sedikit berbeda. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Simpel! Begini Cara Mengatasi Kamera Smartphone Android Yang Buram Dengan Mudah!