Belum Tahu? Ini Cara Mudah Backup SMS di Smartphone Android!

0
70
Copyright©GadgetGan

Cara Melakukan Backup SMS di Smartphone Android

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa setiap pengguna Smartphone Android setidaknya melakukan backup data di perangkatnya seperti backup aplikasi, foto, video serta SMS agar tetap aman dan tidak hilang. Untuk melakukan pencadangan pada file foto, video mungkin sudah biasa dilakukan oleh sebagian orang, namun bagaimana jika ingin mencadangkan SMS di perangkat Android?

Baca Juga : Cara Backup Aplikasi Menjadi File APK Dengan Mudah di Smartphone Android!

Membahas tentang pencadangan SMS di Android, sebenarnya cara ini cukup mudah untuk dilakukan, dan pastinya sangat penting bagi kalian yang masih sering SMS-an untuk berkomunikasi lebih pribadi. Penasaran caranya? Langsung simak nih, berikut cara backup SMS di Android dengan mudah.

Cara Backup SMS di Smartphone Android Dengan Mudah

  • Pertama-tama, pastikan kalian sudah download dan pasang aplikasi ‘SMS Backup’ di masing-masing Smartphone Android kalian melalui Play Store. Seteleh instalasi selesai, maka kalian bisa langsung membuka dan menjalankan aplikasi tersebut dan lanjutkan dengan klik tombol ‘Get Started’ untuk memulainya.
Cara Backup SMS Di Android by Androbuntu
Copyright©Androbuntu
  • Berikan izin saat aplikasi meminta persetujuan untuk mengakses kontak dan penyimpanan dengan klik tombol ‘Izinkan’. Kemudian kalian akan ditampilkan sebuah informasi terkait berapa jumlah SMS yang ada di perangkat Android kalian.
  • Setelah itu, untuk melakukan backup SMS tersebut, kalian bisa klik tombol ‘Setup A Backup’.
Cara Backup SMS Di Android by Androbuntu
Copyright©Androbuntu
  • Pilih mana saja yang hendak kalian backup dan jika sudah bisa lanjutkan klik ‘Next’. Pilih lokasi untuk meletakkan backup SMS ini atau bisa menyimpannya di Google Drive, OneDrive dan penyimpanan internal ponsel. Dan klik ‘Next’.
  • Setelah muncul pop-up berisi pilihan folder mana untuk menyimpan backupan SMS, maka tentukan sesuai keinginan dan klik tombol ‘OK’ dan ‘Next’ untuk melanjutkan. Saat ada peringatan lagi klik ‘YES’ dan pilih frekuensi bacup sesuai kebutuhan, lalu klik ‘Back Up Now’.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan ada tulisan ‘Backup Complate’, dan cek folder backup SMS berekstensi XML.

Nah, seperti itulah cara melakukan backup SMS yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah di Smartphone Android. Agar lebih aman, sebaiknya kalian juga simpan backup-an tersebut ke cloud storage, jadi saat file backup terhapus, bisa cari lagi di penyimpanan cloud. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Dua Smartphone Android Asus Ini Cicipi Android Pie, Cek Punyamu!