Benarkah Suhu Dingin Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis ? Ini Solusinya

0
419
[email protected]

Apakah Suhu Dingin Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis ?

Eratekno.com – Transformasi smartphone atau ponsel certas yang kian terus meningkat dari dulu hingga sekarang. 15 tahun yang lalu, sebuah ponsel atau dulu disebut dengan

telepon genggam yang merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengirim dan menerima panggilan telepon dan juga mengirim dan menerima pesan singkat (SMS).

Baca Juga : Wajib Baca! Ini Dia 5 Tips Ampuh Memenangkan Pertandingan Mobile Legends Jika Sudah Masuk…

Pemilik ponsel pasti berharap jika baterai ponselnya awet, agar dapat dipakai dalam waktu yang lama. Namun sayangnya saat anda sedang berada diluar rumah, ditambah dengan cuaca yang lembab serta bersuhu dingin, dimana baterai ponsel akan cepat habis, kenapa itu bisa terjadi ?

Baterai Ponsel
Copyright©BantenNews

Seperti yang diberitakan dari Reader’s Digest, Senin (5/2), dimana semua berasal pada reaksi kimia didalam sebuah baterai ponsel. Apabila anda membuka sebuah ponsel, kemudian anda akan menemukan sebuah baterai lithium-ion.

Baca Juga : Ini Dia Tips Kirim File Berukuran Besar Dengan Gratis !

Dimana sebuah baterai akan memiliki dua kutub, yakni anoda dan katoda. Sebuah baterai yang telah terisi penuh akan dipenuhi dengan ion pada ujung anoda, sedangkan untuk baterai yang habis akan menyimpan ion di ujung katoda.

Untuk itu, ponsel akan menyala saat ion melakukan perjalanan dari kutub anoda ke kutub katoda, juga sebaliknya. Suhu dingin juga dapat memicu reaksi kimia sehingga pergerakan ion yang berada di dalam baterai ponsel akan terhambat atau berjalan lambat.

Sehingga saat ion berada di kutub katoda dan ingin melakukan perjalanan ke kutub anda, sehingga ponsel salah membaca pergerakannya, dengan begitu daya baterai bakal cepat habis lalu baterai akan merespon dengan tanda merah pada baterai ponsel. Sebenarnya, daya pada baterai masih atau belum habis.

Lantas Bagaimana Solusinya ?

Para ahli kimi di sebuah Laboratorium Lawrence Berkeley, Stephen j Harris yang mengatakan untuk mengatasi baterai pada suhu dingin bagi pengguna ponsel sebetulnya tidak perlu cepat-cepat untuk segera mengisi daya (charging). Baterai ponsel anda bisa terisi daya secara alami apabila suhu dibiarkan kembali ke suhu normal.

Anda bisa menyimpannya di saku baju, celana, atau simpan di dalam tas yang hangat dan tidak terpapar suhu dingin langsung selama beberapa saat,” kata Harris

Baca Juga : Ini Dia 5 Tips Memilih Kamera Smartphone Yang Canggih Biar Nggak Dibohongi Penjual