Berbahaya, Diam-diam Aplikasi Kerja ini Kirim Data Pengguna Ke Facebook!

173
Copyright©tribunnews

Aplikasi Bantah Kirim Data Pengguna Ke Facebook!

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, Pandemi Covid-19 atau Virus Corona ini memang memaksa seseorang melakukan Work Form Home (WFH) atau bekerja dirumah agar tidak menggangu produktivitas mereka.

Maka dari itu, bagi mereka yang bekerja diperkantoran memanfaatkan aplikasi bernama Zoom untuk mendukung aktifitas Video Call Conference kepada rekan kerja. Namun dibalik kecanggihannya tersebut, beredar kabar jika aplikasi ini secara diam-diam mengirimkan data privasi pengguna ke Facebook.

Baca juga: Lama Dinanti, 2 Fitur WhatsApp Ini Segera Siap Kamu Coba Lho !

Aplikasi Zoom untuk perangkat iOS dikabarkan jika mengirim data pribadi pengguna ke Facebook secara diam-diam. Dilaporkan oleh Apple Insider, kabarnya data pribadi ini masih tetap dikirimkan meskipun pengguna itu tidak memiliki akun Facebook.

Copyright©playstore

Adapun mengenai data yang dikirimkan oleh aplikasi Zoom ini ke Facebook cukup beragam, mulai dari jam berapa pengguna mulai memakai aplikasi tersebut, model perangkat yang digunakan, lokasi pengguna, hingga ID khusus yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh para pengiklan atau pihak ketiga.

Baca juga: Edan ! Deretan HP Android Ini Harganya Dipangkas Hingga Rp7,5juta Jadi Tinggal Segini !

Berdasarkan laporan dari Consumer Report, Zoom juga mengirimkan data wajah pengguna ke Facebook yang telah terekam saat menggunakan aplikasi. Data wajah ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengajari sebuah algoritma pengenalan wajah Machine Learning menjadi semakin cerdas.

“Hal seperti ini mungkin tidak diinginkan pengguna ketika mereka melakukan panggilan video untuk menghubungi terapis misalnya, mengadakan rapat bisnis, atau melakukan wawancara kerja menggunakan Zoom,” tulis Consumer Report dikutip dari Inet.Detik.

Yang menjadi masalah disini adalah aplikasi Zoom ini tidak menjelaskan secara detail soal jenis pembagian data tersebut. Dimana mereka hanya mengatakan jika akan berbagi data pada pihak ketiga tanpa menyebutkan Facebook secara khusus.

Padahal pihak Facebook sendiri mengatakan jika mereka mengharuskan mencantumkan nama Facebook terkait pembagian data. Namun pihak Zoom sendiri membantah jika mereka telah melakukan praktek yang dilaporkan.

Baca juga: 3 Hal Terlarang di Facebook yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan!