Berbahaya, Hapus Dua Aplikasi ini di HP Android Kalian Sekarang Juga!

0
10214
Copyright©Tech in Asia Indonesia

Dua Aplikasi Kamera Untuk HP Android Menyimpan Adware

Eratekno.com – Akhir-akhir ini memang banyak aplikasi yang mengintai keamanan hp android. Setelah sebelumnya berhasil mengidentifikasi sebanyak 20-an adware (aplikasi berbahaya), kini Play Store kembali menemukan dua adware.

Oleh pihak Play Store, kedua aplikasi tersebut sudah dilenyapkan. Dan dua aplikasi tersebut adalah Funny Sweet Beauty Selfie Camera dan Sun Pro Beauty Camera. Kebanyakan yang mengunduh aplikasi tersebut adalah kaum hawa. Dan setelah ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata kedua aplikasi tersebut sudah di undur lebih dari 1,5 juta orang.

Baca juga: Kabar Gembira, 2 HP Android Ini Terima Update Android 10, Kamu Punya?

Lantas apa yang berbahaya dari aplikasi untuk hp android ini? Baik Funny Sweet camera ataupun Sun Pro Beauty keduanya sama-sama menjalankan adware. Dimana pada adware itu sendiri telah menyajikan sebuah iklan pop up yang mampu menghasilkan uang bagi penciptanya.

Copyright©Rancahpost

Ya, si pencipta mampu memperoleh penghasilan dari setiap iklan yang di klik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Selain itu, keberadaan iklan tersebut juga sangat mengganggu. Meskipun kita tidak mengakses aplikasi tersebut namun rupanya iklan masih tetap  berjalan di atar belakang.

Baca juga: Kesel Dapet Notifikasi “Ruang Penyimpanan Habis” Terus di HP Android? Begini Cara Mengatasinya !

Karena hal tersebut maka baterai menjadi cepat habis dan pastinya juga sangat mengganggu. Selain iklan, kedua aplikasi untuk hp android ini ternyata juga bisa digunakan untuk melakukan hal-hal yang kurang baik misalnya mengganggu pihak lain.

Beberapa hal mungkin sering kita lakukan tanpa menyadarinya seperti memberikan izin supaya aplikasi tetap pada perangkat dan menggunakan mikrofon untuk merekam atau mendengarkan perkataan dari para pengguna. Meski terlihat sederhana akan tetapi dua hal tersebut cukup berbahaya bagi hp android anda.

Bicara soal aplikasi, kedua aplikasi android ini sebelumnya memang diterbitkan oleh pengembang. Bahkan keduanya juga berhasil lolos dari pemeriksaan keamanan Google Play Store. Beberapa penelitian menunjukkan jika kedua aplikasi tersebut menggunakan alat dengan berbahaya Mandari.

Dimana hal tersebut mampu mencegah APK dari aplikasi untuk dibuka dan dianalisis oleh pihak toko aplikasi resmi milik Google. Apabila sudah terlanjur mengunduh aplikasi tersebut di hp android, sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Buruan Beli ! 4 Smartphone Murah Quad-Camera Ini Sudah Tiba di Indonesia !