Waspadalah Jika Kalian Mendapati Tanda Ini di WhatsApp!

0
754
Copyright©Daily Star

WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Untuk Deteksi Hoax

Eratekno.com – Sebagai aplikasi chatting terpopuler masa kini, sudah sewajarnya apabila WhatsApp melakukan serangkai pembaruan. Setelah dikabarkan memiliki fitur baru yaitu video boomerang, lagi-lagi aplikasi chatting tersebut kembali kedatangan satu fitur baru.

Yang membedakan fitur baru tersebut dengan fitur lainnya adalah kegunaannya. Dimana fitur tersebut berfungsi untuk mendeteksi kabar bohong atau hoax. Seperti yang kita ketahui, jika saat ini tidak sedikit berita hoax yang tersebar di sosial media khususnya pada WhatsApp.

Baca juga:  Jangan Update, WhatsApp Terbaru Bikin Baterai Boros?

Melihat kondisi tersebut membuat pihak Facebook tidak tinggal diam. Mereka memutuskan untuk ikut serta dalam memberantas berita bohong mealalui fitur terbarunya kali ini.

Para pengguna sering kali menyebarkan berita kaleng-kaleng, tanpa menelusurinya terlebih dahulu. Dengan adanya fitur baru tersebut, membuat para pengguna WhatsApp pastinya sangat terbantu.

Copyright©Viva

Sebelum ini pihak dari WhatsApp sendiri rupanya sudah pernah mengambil tindakan untuk mengantisipasi beredarnya berta bohong. Tindakan tersebut seperti memberikan batasan pesan yang diteruskan atau forward sebanyak 5 kali.

Baca juga:  Lama Dinanti, 4 Fitur Keren Ini Akhirnya Tiba di WhatsApp, Sudah Coba?

Dan untuk kali ini WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru yang mampu menganalisa apakah pesan yang diterima itu  termasuk berita bohong atau bukan. Misalnya seperti gambar yang telah kami posting, dimana terdapat ikon tanda panah ganda.

Munculnya tanda ganda tersebut sangat berbeda dengan pesan sebelumnya, yang hanya menunjukkan satu ikon panah saja. Dimana munculnya satu ikon panah tersebut menjadi tanda apabila pesan tersebut adalah hasil terusan.

Apabila pesan Whatsapp yang anda terima memiliki tanda panah ganda, itu artinya pesan tersebut sudah disebarkan lebih dari 5 kali.  Tidak hanya tanda panah double, apabila pesan sudah diteruskan berkali-kali juga akan muncul tulisan “diteruskan berkali-kali” sebelum anda kirimkan ke orang lain.

Beradaan berita hoax memang sudah menjamur, mungkin saja kita adalah salah satu kabar hoax tersebut. Untuk mengantisipasi maraknya beredaran berita hoax, WhatsApp memutuskan untuk meluncurkan fitur barunya ini.

Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi keberadaan fitur baru dari WhatsApp tersebut sangat membantu kita untuk selektif lagi saat menerima pesan.

Baca juga:  Sejumlah Grup WhatsApp Kena Blokir, Cek Punyamu!