Berikut Ini Cara Cegah Malware Agent Smith Yang Nyamar Jadi WhatsApp di Smartphone Android !

0
343
Copyright©CheckPoint Reserch

25 Juta Smartphone Android Terinfeksi Malware Agent Smith, Ini Dia Cara Menyakalnya !

Eratekno.comBaru-baru ini laporan terbaru memperkirakan ada 25 juta smartphone Android yang terjangkit malware bernama Agent Smith. Malware ini diketahui menggantika aplikasi yang dipasang di Android dengan versi berbahaya dan berisi iklain.

Check Point yang merupakan perusahan keamanan Israel menemukan Agent smith mengeksploitasi beragam kelemahan di Android. Kemudian, malware ini akan menggantikan aplikasi yang terpasang di perangkat tanpa diketahui pengguna.

Lalu bagaimana cara ampuh untuk mencegah agar tidak menjadi korban dari malware ini?

Di lansir dari blog resmi Chek Point pada Jumat, 12 Juli 2019, salah satu cara agar terhindari dari malware ini adalah dengan mengunduh aplikasi dari toko resmi dan terpercaya.

Baca juga : Biar Nggak Ketahuan, Berikut Ini Tips Ngobrol Secara Rahasia di Facebook Messenger !

Pasalnya kebanyakan malware ini berasal dari unduhan di toko aplikasi pihak ketiga bernama 9Apps. Toko semacam ini memang tidak memiliki fitur keamanan untuk memblokir malware.

Sementara itu untuk para pengguna smartphone Android yang ingin tahu apakah ponsel miliknya terjangkit malware Agent Smith atau tidak bisa mencoba cara berikut ini.

Copyright©Seluler
  • Buka Menu Settings
  • Klik Apps atau Application Manager
  • Cari aplikasi yang mencurigakan dan Hapus.

Yang perlu d ketahui untuk tahu apakah sebuah aplikasi sudah terkena malware Agent Smith, pengguna perlu membuka terlbih dahulu dan mencari kejanggalannya, misalnya jika pengguna punya WhatsApp yang menampilkan iklan maka bisa dipastikan aplikasi itu berbahaya dan perlu di hapus.

Baca juga : Waspada! 25 Juta Smartphone Android Terinfeksi Malware “Agent Smith”, Ini Dia Bahayanya !

Selain itu ada pula beberapa aplikasi yang bisa langsung di hapus saat kamu menemukannya di smartphone Android miliknya, seperti Google Updater, Gooogle Installer for U, Google Powers dan Google Installer.

Copyright©Viva

Di lansir dari Forbes, kebanyakan korban malware ini berada di India yakni sekitar 15 juta, di AS ada lebih dari 300ribu dan 137ribu perangkat Android juga terdampak di Inggirs. Dengan banyaknya smartphone Android yang terinfeksi membuat malware Agent Smith ini menjadi salah satu serangan paling parah bagi Android.

Sementara itu para peneliti telah mengatakan bahwa mereka sudah memberi peringatan kepada Google dan sejumlah agensi penegak hukum. Tapi Google sendiri belum memberikan pernyataan apapun.

Baca juga : 40 Smartphone Android Ini Terinfeksi Malware Berbahaya, Ponselmu Ada?