Berikut Ini Cara Mengatasi Google Play Service di Android yang Bikin Baterai Boros!

0
2124
Baterai Ponsel
Copyright©Ist

Google Play Service di Android Bikin Baterai Boros, Begini Cara Mengatasinya

Eratekno.com – Dari sekian banyak aplikasi yang ada di smartphone Android, Google Play Service merupakan aplikasi vital untuk menjalankan sistem operasi di smartphone. Bisa di katakana, Google Play Service adalah paket application programming interface (API) yang memayungi beberapa aplikasi yang terpasang di Android.

Google Play Service berfungsi sebagai pelayan sinkronisasi akun-akun Google, seperti Gmail, peta Google Maps dan melacak lokasi (GPS). Karena melayani banyak aplikasi, maka tak heran Google Play Service memakan daya lebih besar sehingga membuat baterai boros.

Namun bukan tidak mungkin baterai di hemat yakni dengan cara melakukan pengaturan di aplikasi yang membutuhkan layanan Google Play Service. Berikut ini caranya

Baca juga: Mudah Banget! Ini Dia Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Setting Lokasi

Fitur lokasi (GPS) di sebut paling banyak menyedot daya baterai, ketika satu aplikasi membutuhkan pelacakan lokasi, maka mereka akan meminta Google Play Service untuk mengaktifkan Global Positioning Sytem( GPS). GPS hanya tersemat di Google Play Service, buka pada aplikasi yang meminta lokasi. GPS radio inilah yang membutuhkan pasokan banyak daya.

Untuk menghemat baterai sistem Android lawas seperti Android Nougat kebawah, kamu perlu buka menu Setting, lalu pilih Location (Lokasi) dan ubah mode ke Batter Saving (hemat baterai). Sedangkan untuk Android Oreo, buka ke menu Setting, lalu pilih Security and location (keamanan dan lokasi) kemudian ubah ke mode hemat baterai.

copyright©HowtoGeek

Pemgaturan ini akan mencegah Google Play Service mengaktifkan GPS saat aplikasi meminta izin lokasi. Tentu saja, akibatnya pelacakan lokasi kurang akurat karena mengandalkan WiFi, Bluetooth atau jaringan seluler untuk menentukan lokasi bukan menggunakan GPS seperti ketika menggunakan mode akurasi tinggi.

Baca juga: Wajib Baca! Ini Nih 2 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Powerbank

Jadi jika membutuhkan pelacakan lokasi lebih tepat, mode bisa di atur kembali ke mode akurasi tinggi.

Pengaturan Sinkroniasai

Jika baterai tetap boros setelah melakukan set-up lokasi, coba untuk melakukan pengaturan pada sinkronisasi. Untuk perangkat Android selain versi Android Oreo, caranya buka menu Settings , gulir ke bawah dan pilh Accoun (Akun).

Kemudian, ketuk ikon titik tiga vertical di pojok kanan atas lalu hapus centang Auto-sync data (otomatis sinkronkan data).

     Baca juga Wajib Tahu! Ini Dia Cara Ampuh Mencegah Baterai Smartphone Jebol