Berkat Nostalgia, Nokia Mulai Merangkak di Pasaran Smartphone !

0
481
[email protected]

Nostalgia, Nokia Mulai Menanjak di Pasaran Smartphone !

Eratekno.comNokia yang secara resmi telah lepas tangan dari Microsoft, tahun 2016, kini kembali berusaha melakukan comeback ke industri smartphone melalui HMD Global. Selaku pemegang lisensi merek ponsel dan FIH Mobile sebagai rekanan manufaktur.

Baca Juga : Chipset ReefShark Diluncurkan Nokia Untuk Mendukung Jaringan 5G, Seperti Apa?

Ternyata tak sia-sia, upaya dari raja ponsel yang mulai terlihat hasilnya. Firma riset Counterpoint yang mencatat, pada kuartal IV 2017, Nokia yang sukses meraih pangsa pasar 1 persen di pasaran smartphone global. Maksudnya, perusahaan asal Finlandia tersebut sukses mengapalkan skietar 4,15 juta unit ponsel cerdasnya sepanjang kuartal terakhir pada tahun lalu.

copyright©Liputan6

Dimana Counterpoint yang menilai Nokia memiliki portofolio produk yang lengkap yang mempu mencakup semua segmen harga, dengan begitu dapat membantu mendongkrak volume pengapalan. Tak hanya itu, ada juga sisi nostalgia dari kejayaan masa lalu Nokia.

Nilai sentimental terhadap brand (Nokia) di kalangan dealer dan konsumen didampingi oleh peluncuran smartphone berkualitas sehingga membantu Nokia merengkuh pangsa pasar,” sebut Counterpoint, sebagaimana dirangkum Mediatech dari Gadgets 360, Rabu (7/2/2018).

Jika dibandingkan dengan data kuartal sebelumnya dari Firma riset lain, dimana angka pengapalan smartphone Nokia terbilang mengalami peningkatan. Seperti IDC yang juga mencatat shipment ponsel ceras besutan Nokia pada kuartal II 2017 sebanyak 1,5 juta unit. Sedangkan untuk kuartal III, data Counterpoint yang mencatatkan pengapalan 2,8 juta unit smartphone.

Baca Juga : Nokia 7 Plus Bakal Segera Meluncur, Smartphone Berlayar 18:9 dan Berbekal Andorid Oreo

Tahun 2017 yang lalu, merupakan awal balik Nokia dengan meluncurkannya produk smartphone dibawah merek sendiri tanpa embel-embel Lumia, seperti ketika bermitra dengan Microsoft.

Dalam acara gelaran elektronik terbesar Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, Nokia yang menggedor melalui peluncuran tiga smartphone pintar, yakni Nokia 5, Nokia 6 dan Nokia 3.

Kabar baru kali ini yang menyatakan HMD Global yang tengah menggarap seri smartphone baru, yakni Nokia 7 dan Nokia 9 di ajang MWC 2018, akhir bulan ini.

Baca Juga : Usai Nokia 3310, Nokia 8800 Sirocco Akan Lahir Kembali?