Biar Aman! Begini Lho Cara Menguji Seberapa Kuat Password Media Sosial Kamu

0
190
Copyright©Recode

Cek Seberapa Kuat Password Media Sosial Kamu Disini!

Eratekno.com – Di era yang sudah serba digital ini, password menjadi salah satu komponen yang sangat penting dan harus di jaga kerahasiannya. Pasalnya, password merupakan pintu masuk bagi seseorang untuk sign-in ke akun miliknya, mulai dari media sosial hingga akun perbankan.

Penyedia platform pun sering mengingatkan pengguna untuk selalu memasang password yang paling.

Tapi tak seluruh pengguna menyadari hal itu dan tak jarang masih memakai kata kunci ya mudah di tebak.

Padahal belakangan ini sejumlah kasus pembobolan akun di beberapa platform kerap terjadi. Para penyerang biasanya menduga kata kunci yang di gunakan dan lalu memeriks validitasnya. Karena itu membuat password yang rumit dan tak mudah di tebak menjadi kunci keamanan akun.

Baca juga : Wajib Tahu, Berikut Penyebab Baterai Smartphone Android Cepat Habis!

Namun tak jarang pengguna masih meragukan apakah kata kuncinya telah benar-benar kuat. Nah untuk itu ada sejumlah tools yang memungkinkan pengguna mengetahui kekuatan dari password-nya.

Tapi perlu di ingat sebaiknya kamu tak memasukkan password yang benar-benar di gunakan, melainkan pakai kombinasi lain.

Pwned Passwords

Situs ini sejatinya berisi daftar kata kunci yang sudah di bocorkan oleh hacker. Karena itu, situs ini dapat membantu kamu untuk mengetahui apakah kata kunci yang kamu gunakan masuk dalam daftar yang sudah bocor di internet.

Copyright©Jalantikus

Baca juga : Mudah Banget! Begini Cara Kirim File Berukuran Besar Melalui Gmail!

Password Meter

Password meter ini bisa di akses secara gratis bagi pengguna yang ingin menguji kekuatan password miliknya. Situs ini di rancang untuk memperkirakan kekuatan password sehingga kamu bisa menggantinya jika dir rasa kurang meyakinkan.

How Secure Is My Password

Situs ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan Password Meter yakni membantu pengguna mengetahui kekuatan password. Tapi, harus di ingat untuk tak memasukkan kata kunci yang sedang kamu gunakan di sebuah akun.

Sementara bagi kamu yang ingin mengetahui cara membuat password yang susah di tebak, salah satunya adalah membuat kata kunci yang panjang. Dalam hal ini, panjang yang di maksud bukan sekedar kombinasi angka atau huruf saja. sebisa mungkin, kamu membuat password dari kata-kata yang sebenarnya kalimat pendek.

Lantas, huruf yang ada di dalamnya dapat diganti dengan kombinasi angka atau tanda baca. Dan untuk memudahkan, kamu bisa memakai kalimat yang dekat dengan keseharian.

Baca juga : Bikin Memori Penuh? Begini Ini Cara Tak Menampilkan Foto dan Video WhatsApp ke Galeri!