Biar Nggak Nyesel, Berikut Beberapa Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Berkualitas!

0
112
Copyright©Suara.com

Berikut 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Smartphone Bekas

Eratekno.com – Seperti yang diketahui, bahwa sekarang ini sudah banyak Smartphone berkualitas telah muncul di pasaran. Meskipun begitu, sejumlah orang masih ada yang memilih untuk membeli Smartphone bekas dibanding yang baru, salah satu alasannya adalah harganya yang lebih murah. Untuk membeli barang elektronik khususnya Smartphone apalagi yang bekas ini pun tidaklah mudah dan sembarangan, pasalnya jika salah membeli bisa merugikan diri sendiri loh!

Baca Juga : Ini 10 Smartphone Bekas Paling Laris di Amerika Serikat  !

Nah, biar nggak nyesel karena salah membeli ponsel bekas, ada baiknya kalian perhatikan beberapa hal untuk mendapatkan Smartphone bekas berkualitas. Langsung saja simak nih, berikut 6 Hal yang perlu diperhatikan saat membeli Smartphone bekas!

6 Tips Membeli Smartphone Bekas

Cek Kondisi Fisik Perangkat

Copyright©Jalantikus

Hal pertama yang harus diperhatikan dan paling mudah adalah kondisi fisik perangkat, cek keadaannya masih mulus atau banyak goresan, cacat atau kerusakan. Memang sih kebanyakan Smartphone bekas akan ada goresan, tetapi setidaknya carilah yang mendekati keadaan mulus.

Cek Kelengkapan

Copyright©Smartphone

Kalian bisa cek kelengkapan perangkat, seperti charger, dosbook, kartu petunjuk penggunaan dan kartu garansi. Selain itu, beberapa ponsel sendiri juga ada yang menyematkan handsfree di dalamnya, dan ketahui semua kelengkapan itu masih original atau KW.

Cek Fitur-Fitur Smartphone

Copyright©jalantikus

Selain mengetahui kelengkapan, kalian juga harus memperhatikan fitur yang ada di dalamnya, seperti kamera, sound, fingerprint dan masih banyak lagi apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada beberapa fitur yang sudah tidak berfungsi sebaiknya tinggalkan dan cari yang lain, karena fitur akan menentukan kenyamanan kita saat menggunakan ponsel.

Cek IMEI Perangkat

Copyright©AxeeTech

Kalian juga perlu mengecek IMEI untuk mengetahui ponsel sesuai dengan dosbook yang ada atau tidak. Caranya bisa tekan tombol *#06#*, lalu samakan nomor IMEI denga dosbook, karena sekarang sudah banyak dosbook palsu, jadi kalian wajib waspada.

Cek Barang Yang Masih Bergaransi

Copyright©jalantikus

Carilah barang yang masih bergaransi, dan kalau bisa cari yang garansi-nya masih lama dan baru dipakai beberapa bulan. Tapi jika dirasa cukup susah, maka setidaknya kalian bisa cari yang baru habis masa garansi-nya, jadi bukan Smartphone yang sudah digunakan 2-3 tahun lebih.

Cek Harga Pasaran

Copyright©Redmond Pie

Kalian juga perlu mengetahui harga pasaran agar mengetahui berapa harga untuk ponsel bekas pilihan kalian. Biasanya, ponsel bekas yang masih bagus harganya 15-45 persen lebih rendah dari barunya, jadi saat kalian menemui harga lebih murah, maka bisa saja itu ada kerusakan di dalamnya.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membeli Smartphone Bekas. Dengan begitu kalian tidak akan salah pilih dan tidak menyesal nantinya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : 5 Smartphone Bekas Bisa Ditukar Dengan Samsung Galaxy A9 (2018), Apa Saja ?