Biar Tahan Lama! Berikut 7 Tips Hemat Baterai Smartphone Android!

0
614
Copyright©LemOOt

7 Tips Sederhana Menghemat Baterai Smartphone Android

Eratekno.com – Seiring dengan berkembangnya teknologi, kebanyakan orang sekarang akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkomunikasi melalui sebuah alat elektronik seperti Smartphone Android karena lebih mudah dan cepat meskipun berada di kejauhan. Baterai sendiri menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah Smartphone, karena perangkat ini tidak akan bisa hidup tanpa baterai.

Baca Juga : Cara Mudah Atasi Sinyal Yang Hilang Atau Tidak Muncul di Smartphone Android!

Nah, untuk menghindari baterai Smartphone yang cepat terkuras, sebenarnya ada beberapa tips untuk menghemat daya baterai agar tahan lama. Penasaran? Langsung saja, berikut ini 7 Tips hemat baterai Smartphone yang perlu diterapkan.

7 Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

Cek dan Hentikan Aplikasi Boros Baterai

Copyright©JalanTikus

Tips yang pertama adalah dengan mengetahui aplikasi boros baterai di ponsel dengan cara masuk ke menu ‘Settings’ >> Baterry & Performance >> ‘Power Usage’. Disini akan terlihat beberapa aplikasi boros baterai, untuk itu kalian bisa menghentikan aplikasi tersebut untuk menghemat baterai.

Turunkan Brightness

Selanjutnya, kalian bisa menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai kenyamanan atau menggunakan kecerahan otomatis, karena dengan tingkat kecerahan tertinggi bisa menguras baterai lebih cepat.

Matikan Sinyal Radio Tak Penting

Agar lebih hemat baterai, maka jangan lupa mematikan fitur dengan frekuensi radio, seperti NFC, GPS dan Wi-Fi setelah selesai digunakan, karena jika dibiarkan tetap menyala akan menguras baterai lebih cepat.

Jangan Biarkan Aplikasi Berjalan di Background

Copyright©NowTekno

Kemudian, kalian bisa menghindari menekan tombol ‘home’ untuk kembali ke layar utama dan meninggalkan aplikasi berjalan di backrgound. Karena hal ini bisa membuat baterai lebih boros, sebaiknya kalian tekan tombol ‘recent apps’ atau ‘task manager’ untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan.

Hindari Penggunaan Widget dan Live Walpapers

Untuk menghemat baterai, sebaiknya hindari penggunaan widget dan Live Wallpapers, karena saat menggunakannya akan membutuhkan update data dari internet dan menyebabkan baterai cepat terkuras, sebaiknya gunakan wallpaper status dan meminimalisir penggunaan widget.

Matikan Notifikasi

Dengan penggunaan notifikasi ternyata juga bisa menguras baterai jika pengguna tidak mengontrol aplikasi mana yang perlu memberikan notifikasi. Nah, untuk itu sebaiknya matikan beberapa notifikasi tidak penting dan izinkan beberapa saja dengan cara masuk ke menu ‘Settings’ >> ‘App notifications’.

Gunakan Fitur Power Saving

Copyright©Cyber Cips – Blogger.com

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur penghemat baterai untuk membatasi kemampuan Smartphone dan hanya fitur penting yang berjalan. Dengan begitu, kalian bisa lebih menghemat baterai untuk aktivitas penting saja.

Nah, itulah 7 Tips menghemat baterai Smartphone Android yang bisa kalian terapkan dengan mudah agar daya baterai bisa tahan lama. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Kamu Harus Tahu! Inilah 6 Manfaat Mode Pesawat di Smartphone Android dan iOS!