Biar Tetap Awet, Berikut 5 Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

0
1554
Copyright©Maxmanroe.com

5 Tips Hemat Kuota Internet di Smartphone Android

Eratekno.com – Koneksi internet seakan-akan menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna Smartphone Android. Apalagi saat ini banyak aplikasi Android yang bisa dijalankan jika ada koneksi internet, tentunya pengguna harus rajin mengisi kuota untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga : Biar Makin Kece, Berikut Rekomendasi Aplikasi Tema Smartphone Android Terbaik

Namun, kebutuhan internet ini sendiri biasanya membuat kuota data menjadi lebih boros dan pastinya membuat kantong kita cepat kempes. Nah, bagi kalian yang ingin menghemat kuota internet agar tetap irit, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah. Apa saja? Simak ulasannya disini.

5 Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Batasi Penggunaan Data

Copyright©Android

Tips pertama adalah dengan membatasi penggunaan data. Caranya pun sangat mudah yakni dengan mengatur pembatasan penggunaan data yang ada di Smartphone. Untuk mengaturnya bisa langsung masuk ke menu Settings di Android. Sehingga dengan cara ini kalian bisa mendapatkan peringatan agar tidak melebihi penggunaan data.

Matikan Data Jika Tidak Digunakan

Untuk menghemat kuota, sebaiknya matikan data jika tidak dipakai. Hal ini dilakukan karena biasanya ada beberapa aplikasi yang masih aktif dan berjalan di latar belakang, jadi aplikasi tersebut masih menggunakan kuota internet. Dengan mematikan data, kalian bukan hanya menghemat kuota internet tetapi juga menghemat daya baterai.

Aktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Copyright©Telset

Jika kalian ingin menghemat kuota dengan mudah, kalian bisa aktifkan fitur Data Saver di Chrome. Caranya dengan membuka menu Settings yang berada di bagian pojok kanan atas dan lanjutkan untuk membuka Data Saver dan Aktifkan fitur Data Saver.

Batasi Penggunaan Instagram

Aplikasi ini merupakan aplikasi media sosial yang diketahui mengkonsumsi data internet cukup tinggi. Maka dari itu, sebaiknya kalian batasi penggunaan Instagram agar kuota internet tidak cepat habis.

Update Aplikasi Ketika Tersambung Wi-Fi Saja

Copyright©Androidhijau

Dengan melakukan update aplikasi merupakan salah satu cara untuk membuat perangkat semakin optimal. Namun, biasanya update aplikasi memiliki ukuran yang cukup besar, jadi bisa menguras data internet. Maka dari itu, sebaiknya kalian gunakan opsi pembaruan dengan Wi-Fi saja untuk menghemat data internet.

Nah, itulah beberapa tips menghemat kuota di Smartphone Android yang bisa kalian terapkan dengan mudah dan aman. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Cara Mengatasi SIM Card Tak Terbaca di Smartphone Android