Biar Tidak Diawasi! Begini Cara Cegah Facebook Melacak Lokasi Pengguna!

0
1572
Copyright©Cidahu News

Cara Agar Facebook Tidak Bisa Melacak Lokasi

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa Facebook memang menjadi media sosial paling populer dan digemari banyak orang lantaran banyak fitur dan fungsi yang memudahkan pengguna dalam berbagai hal. Namun, di samping itu, layanan jejaring sosial yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini juga disebut sebagai media sosial yang mengambil data pengguna, seperti informasi tentang usia, jenis kelamin, lokasi dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Mudah Blokir Facebook, Biar Terhindar Dari Stalker Jahat!

Adapun semua data yang dikumpulkan oleh layanan ini sendiri digunakan untuk kebutuhan pengiklanan, sehingga para penyebar iklan bisa lebih mudah membidik audiens sesuai target. Nah, untuk mengatasi hal seperti ini, kalian bisa saja menggunakan sebuah cara agar media sosial ini tidak lagi mengambil atau menyedot data seperti lokasi kalian. Untuk mencoba cara ini sendiri bisa kalian terapkan dengan mudah menggunakan perangkat Android dan iOS. Begini caranya:

Cara Agar Facebook Tidak Bisa Melacak Lokasi

Untuk iOS

  • Pertama-tama, kalian bisa mematikan secara langsung fungsi pelacak lokasi ini pada aplikasi FB kalian dengan cara masuk ke aplikasi Facebook di iOS dan masuk ke menu ‘Setting and Privacy’ >> ‘Setting’, kemudian gulir ke bawah hingga menemukan pilihan ‘Privacy’.
Copyright©wikiHow
  • Disini kalian bisa lanjutkan dengan memilih opsi ‘Location Option’, maka kalian akan mendapatkan tiga pilihan.
  • Kalian bisa pilih ‘Only while Using the App’ untuk memberikan izin aplikasi melacak lokasi kalian saat aplikasi digunakan. Ada juga pilihan ‘Don’t Allow’ untuk mematikan sepenuhnya, dan kalian bisa mematikan pilihan ‘location history’ agar aplikasi tidak menyimpan data lokasi kalian.

Untuk Android

  • Sementara untuk pengguna Android, kalian bisa mematikan fitur lokasi ini melalui aplikasi Facebook secara langsung dengan membuka menu ‘Settings and Privacy’ >> ‘Setting’.
Copyright©selular.id
  • Disini, kalian bisa gulir ke bawah hingga ke menu ‘Privacy’, lalu lanjutkan dengan memilih opsi ‘location’, disini kalian bisa cari pilihan ‘location services’ untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi pelacak lokasi tersebut.
  • Selain itu, ada juga pilihan ‘background location’ yang memungkinkan FB tetap bisa melacak lokasi meskipun aplikasi tidak digunakan.

Nah, itulah cara mencegah aplikasi Facebook melacak lokasi pengguna yang bisa kalian coba terapkan di Android dan iOS. Selamat mencoba!

Baca Juga : Tanpa Terdeteksi! Begini Cara ‘Unfollow’ Teman di Facebook, Twitter dan Instagram!