Biar Tidak Lemot, Berikut Cara Bebaskan Memori Smarphone Android yang Sudah Penuh!

0
298
Copyright©PSafe

Cara Bebaskan Memori Smarphone Android Biar Tidak Lemot

Eratekno.com – Bagi anda pengguna Smarphone Android dengan kapasitas memori internal terbatas memang cukup repot ya, apalagi saat kita ingin menginstall aplikasi baru atau melakukan update pada aplikasi tersebut.

Namun sebenarnya untuk mengatasi masalah ini sangat mudah lho, ada cara singkat bagaimana membuat memori Smarphone Android kembali lega meskipun kapasitas aslinya minim. Bagaimana? Simak caranya dibawah ini.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Android Gaming Harga Sejutaan, Pilih Mana?

Backup Semua File Kedalam Kartu MicroSD

Langkah pertama yang bisa anda lakukan ketika memori Smarphone Android sudah penuh adalah melakukan backup beberapa file penting kedalam microSD. Dengan begini, maka memori internal Smarphone Android anda hanya digunakan untuk menyimpan beberapa aplikasi saja didalamnya.

Copyright©PSafe

Hapus Semua File didalam Folder .Thumbnails

Jika semua data penting anda sudah di backup kedalam kartu memori, maka langsung saja cari folder .thumbnails yang didalamnya berisi backup atau cache dari file yang telah anda pindahkan kedalam memori tadi.

Baca juga: Tanpa Reset Ulang, Begini Cara Buka Smartphone Android Lupa Kata Sandi!

Caranya buka menu File manager didalam Smarphone Android anda, setelah itu pilih menu Internal Storage, dan silahkan masuk kedalam folder DCIM atau Picture. Selanjutnya masuk kedalam folder .thumbnails, dan hapus semua file yang ada didalamnya agar smartphone anda kembali lancar.

Hapus Semua File Cache Aplikasi

Jika cara diatas masih belum optimal, langkah selanjutnya silahkan hapus cacha dari dalam aplikasi yang ada didalam Smarphone Android anda. Meskipun ukurannya tak seberapa, namun jika semua aplikasi memilikinya maka hal ini juga bisa menjadi beban untuk smartphone nantinya.

Setelah cache ini selesai dibersihkan, maka silahkan restart Smarphone Android kalian nantinya. Dijamin setelah ini, smartphone kalian bakal lancar banget dan tidak akan lemot untuk menjalankan aplikasi nantinya.

Baca juga: Buruan Beli, 5 Smartphone Samsung Ini Turun Harga Hingga Rp 1,3 Juta!