Bikin Lemot, Berikut Cara Cek Grup WhatsApp yang Sedot Banyak Memori!

0
175
Copyright©dailystar
  1. Cara Cek Kontak WhatsApp yang Gunakan Banyak Memori!

Eratekno.com – Didalam aplikasi WhatsApp, pastinya setiap orang minimal memiliki 1-2 grup didalamnya. Entah itu untuk grup teman nongkrong, grup kantor, atau mungkin grup untuk toko online miliknya.

Apapun itu, yang perlu anda ketahui adalah, dengan semakin banyaknya grup WhatsApp, maka hal ini berpotensi kapasitas memori yang digunakan pun juga semakin besar. Hal ini dikarenakan, selain banyaknya pesan teks yang ada didalam orbolan, tak jarang didalam grup juga terdapat berbagai file foto, hingga video yang terdownload otomatis didalamnya.

Baca juga: Jarang Diketahui ! Berikut Ini Tips Kirim Foto Kualitas Tinggi Lewat WhatsApp !

Selain grup WhatsApp, obrolan pribadi juga berpotensi untuk mengkonsumsi banyak sekali kapasitas memori, tergantung dari frekuensi chatting serta jenis file yang dikirimkan dalam obrolan tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui, obrolan mana saja didalam aplikasi WhatsApp yang menyedot banyak sekali kapasitas memori didalam smartphone? Nah pada kesempatan kali ini, kita ingin memberikan caranya untuk anda.

Copyright©kompas

Cara mengecek kontak WhatsApp mana yang memakan banyak memori ini bisa anda lakukan baik di perangkat Android maupun iOS, karena memang kebetulan menu yang diakses juga sama letaknya.

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp anda. Setelah itu pilih menu setting
  • Selanjutnya pilih menu Data and Storage Usage, dan lanjutkan dengan memilih menu Storage Usage
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, dan nantinya bakal muncul daftar chat baik itu personal maupun grup WhatsApp lengkap beserta informasi mengenai besarnya kapasitas memori yang digunakan.
  • Dengan begini, maka anda bisa mengecek jenis file apa yang paling besar didalam obrolan tersebut. Nah, untuk membuat memori smartphone kembali lega, maka anda bisa menghapus jenis file tertentu, atau bisa juga menghapus seluruh riwayat chat di WhatsApp

Nah untuk mencegah hal ini terulang lagi, maka anda bisa mengatur untuk mematikan fitur auto download didalam WhatsApp nantinya. jadi anda bisa menentukan file mana saja yang penting untuk dilihat, tidak semuanya.

Caranya silahkan pilih menu Setting >> Storage and Storage Usage. Lalu silahkan ganti status ‘Unduh otomatis media’ menjadi ‘Tidak ada media’ seluruhnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Agar WhatsApp Tidak Boros Baterai, Coba Yuk?