Blackberry World Bakal Resmi Ditutup 1 April 2018, Beneran?

0
452
Blackberry
copyright©Theverge

Beralih ke Android, Blackberry Bakal Resmi Tutup Blackberry World pada 1 April 2018

Eratekno.com – Seperti di ketahui meskipun Blackbeery sudah berpindah ke sistem operasi Android sejak tiga tahun yang lalu, akan tetapi sepertinya masih ada segilintir orang yang masih menggunakan perangkat Blackberry dengan sistem operasi internal yakni BB OS, BB10 OS.

Jika kamu salah satu pengguna atau pernah menggunakan perangka Blackberry, pasti sudah taka sing lagi dengan toko aplikasi perusahaan yang bernama Blackberry World. Nah, pada Minggu ini perusahaan telah mengumumkan akan segera menutup Play Store ala Blackberry tersebut.

Blackberry Limited selaku perusahaan yang mengelola perizinan dan software merek Balckberry mulai menginformasikan ke beberapa pengembang aplikasi, mereka akan secara paksa mengeluarkan software berbayar dari toko aplikasi Blackberry Wolrd pada tanggal 1 April 2018 mendatang.

Baca juga: Ini Dia Penampakan Keren Ponsel Layar Penuh Blackberry Ghost !

Pihak Blackberry mengatakan toko online menjadi etalase gratisan saja dan semua mekanisme pembelian akan di nonaktfikan. Meski begitu, aplikasi masih bisa di monetisasi, namu backen pembayaran harus di dukung oleh pengembang dan di buat ke dalam aplikasi itu sendiri.

Pengembalian dana untuk konten berbayar akan di dukung sampai 30 April 2018 dan pelanggan akan tetap bisa mengakses ke konten berbayar bahkan setelah di hapus dari Blackberry World karena sudah terinstall di perangkat. Jika pengembang memilih untuk tidak mengubah apliasi dari berbayar menjadi gratis, perusahaan akan menghapusnya pada tanggal 31 Maret 2018.

Blackbrery World
copyright©Twitter

Secara resmi, Blackberry mengumumkan akhir dari Blackbeery World ketika pengembang Steve Troughton-Smith mengunggah di Twitter. Dia mengirimkan pemberitahuaan dari perusahaan dan menyebutnya sebagai “ketuk palu” untuk BB10 yang merupakan sistem operasi mobile khusus Blackberry Limited sebelum beralih ke Android pada 2015 lalu.

Baca juga: Diam-Diam BlackBerry Patenkan Desain Kamera Baru, Seperti Apa?

Sementara pada bulan Desember lalu, Blackberry berjanju setidaknya masih mendukung BB10 untuk dua tahun lagi, saat itu Blackberry World di jadwalkan untuk di tutup secara resmi pada 31 Desember 2019.

Situs The Verge mencoba mengkonfirmasi dan perwakilan BlackBerry menjawab dengan merujuk ke sebuah posting blog dari bulan Desember dimana perusahaan menyatakan, “Pelanggan yang melakukan upgrade ke KeyOne atau Motion tidak akan melewatkan apapun karena mereka akan memiliki akses langsung ke toko aplikasi kaya di Google Play Store tanpa mengorbankan keamanan atau keinginan mereka menggunakan keyboard fisik.”

    Baca juga Blackberry Bakal Luncurkan 3 Smartphone Tahun Ini, Apa Saja?