Bongkar Galaxy S9, Intip Cara Kerja Kamera “Dual-Aperture” Ternyata begini !

0
362
Samsung Galaxy s9
copyright©liputan6

Oprek Galaxy S9, Ternyata Ini Cara Kerja Kamera “Dual-Aperture” !

Eratekno.com – Teknologi andalan salah satunya yakni kamera dual-aperture milik duo flagship Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Kamera ini yang bisa diganti lebar bukaan (aperture) lensanya, antara f/1.5 dan f/2.4. lantas bagaimana cara kerjanya?

Baca Juga : Asyikk,,, Update Security Perdana Digulirkan Untuk Samsung Galaxy S9

Berdasarkan situs “pembongkar gadget” yang populer iFixit yang mengintip jeroan galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus untuk menemukan rasa penasarannya. Dari hasil oprekan tersebut, telah diketahui jika kamera milik Galaxy S9 yang dapat mengubah aperture dengan metode yang mirip dengan lensa DSLR atau sejenis mirrorless, dengan menggunakan bilah aperture untuk mengatur lebar bukaan, sehingga jadi lebih besar (f/1.5) atau kecil f/2.4.

[email protected]

Perbedannya adalah pada lensa kamera DSLR dan mirrorless yang umumnya menggunakan bilah aperture dengan jumlah 5,7 atau 9 bilah, bahkan lebih. Namun untuk Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang hanya menggunakan dua bilah aperture yang berbentuk mirip cincin. Fitur dual aperture ini berguna untuk satu kamera utama Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Baca Juga : iFixit: Ungkap Samsung Galaxy S9 Plus Dinilai Cukup Sulit Diperbaiki !

Sedangkan untuk kamera kedua (short telephoto) di Galaxy S9 Plus yang mempunyai aperture tetap, f/2.4 yang tak dapat diubah-ubah. Lalu, fungsinya apa kamera Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus mengusung dual-aperture? Maksudnya, fitur tersebut yang diusung smartphone ini pertama kalinya untuk mengoptimalkan tangkapan gambar dalam kondisi low light dan cukup cahaya.

Aperture lebar f/1.5 yang dipakai untuk memasukkan sebanyak mungkin cahaya ketika dalam kondisi minim cahaya, sehingga kamera dapat menghasilkan gambar dengan kualitas maik dengan menekan angka sensitivitas (ISO) dan tidak buram, sebab shutter speed yang dapat dijaga dengan angka tinggi.

Begitu juga sebaliknya, aperture f/2.4 yang mengembangkan bukaan lensa menjadi lebih sempit, berfungsi ketika kondisi cahaya berlebih. Keunggulannya ketimbang aperture f/2.4, yakni untuk ruang tajam gambar (depth of field) menjadi lebih lebar serta hasil pengambilan gambar menjadi lebih tajam.

Baca Juga : Sertakan Embel-embel, Microsoft Ikut Pasarkan Samsung Galaxy S9 Edisi Khusus !