Bukanya Untung, Kalian Dalam Masalah Besar Jika Dapat Chat WhatsApp Seperti ini!

0
276
Copyright©telko

Penipuan Di WhatsApp Beredar Lagi

Eratekno.com – Setelah beberapa waktu lalu beredar pesan WhatsApp yang menawarkan kuota gratis 20 GB, kini modis yang sama kembali beredar dengan penawaran kuota yang lebih besar lagi yakni 100 GB. Kalian jangan senang dulu, karena kalian bakal menyesal nanti.

Seperti kejadian yang sebelumnya di WhatsApp, dimana Ruby Alamsyah selaku CEO Digital Forensic Indonesia mengatakan, jika pesan yang menawarkan kuota internet 100 GB ini adalah Hoax atau pesan bohong.

Baca juga: Anti Hoaks! Inilah Nomor WhatsApp Yang Bisa Kamu Tanya Seputar Corona !

“Dapatkan Internet Gratis 100 GB Selama 90 Hari. Untuk semua operator. Klik di bawah untuk mengaktifkan sekarang,” begitu isi pesan WhatsApp tersebut yang diakhiri dengan sebuah link dengan menggunakan domain xyz.

“Konfirmasi (koneksi internet gratis 100 GB) itu hoax dan sangat mirip dengan yang sebelumnya,” tegas Ruby, dikutip dari laman Inet.Detik.

Copyright©telko

Ruby menjelaskan jika pesan WhatsApp tersebut menjadi modus dan mirip dengan pesan yang sudah beredar sebelumnya. Pelaku ingin mendapatkan kontak hingga mencuri browsing history dari korban yang mengakses tautan tersebut.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika WhatsApp Dihapus, Udah Siap?

Bagi pengguna WhatsApp yang mendapatkan pesan serupa diatas tadi, Ruby memberikan himbauan agar masyrakat tidak mudah terkecoh dengan penipuan modus itu, serta memikirkan dampaknya sebelum mengakses pesan tersebut.

Nah ada acara mudah jika anda mendapatkan pesan WhatsApp dengan iming-iming koneksi internet gratis tersebut, simak dibawah ini:

Copy paste link di mesin pencari yang anda miliki, cek apakah pernah ada ulasan mengenai link tersebut

Jika anda mendapatkan link yang dipendekkan, seperti di Bit.ly, Tiny.cc, dan lain sebagainya, maka perhatikan pada bagian belakang namanya

Pastikan jika link URL telah menampilkan domain instansi resmi. Seperti Contoh yg benar:

  • https://www.apple.com
    https://www.kominfo.go.id

Dan Ini adalah contoh alamat URL yang salah :

  • https://payment.apple.com.blogspot.com
    https://kominfo.go.id.freehost.com

Baca juga: WhatsApp Dapat Ulasan Jelek di Google Play Store, Kenapa YA?