Bukti Ini Tunjukkan WhatsApp Ternyata Bikin Smartphone Bermasalah, Masih Mau Pakai?

0
198
Copyright©Daily Express

Inilah Bukti WhatsApp Punya Dampak Buruk Bagi Smartphone !

Eratekno.comHingga tahun 2020 ini, WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi pesan singkat favorit pengguna di berbagai penjuru dunia. Bahkan aplikasi yang berada dibawah naungan Facebook ini saat ini telah memiliki lebih dari 2milliar pengguna aktif di seluruh belahan dunia.

WhatsAppp sendiri dipilih oleh banyak orang sebagai media berkomunikasi karena aplikasi chatting ini dibekali dengan berbagai fitur keren dan canggih yang bisa memudahkan pengguna dalam berkomunikasi.

Sayangnya dibalik semua itu, WhatsApp ternyata menyimpan dampak buruk bagi smartphone yang tak banyak di ketahui oleh para pengguna. Dampak tersebut terutama pada sisi konsumsi daya tahan baterai.

Baca juga : Pengguna WhatsApp di Negara Ini Punya Fitur Lebih Banyak Dibandingkan Indonesia!

Menurut riset terbaru Uswitch, aplikasi chatting besutan Facebook ini merupapakan salah satu dari aplikasi yang paling banyak menguras baterai.

Tiga diatasnya ada aplikasi Google, Facebook dan Facebook Messenger. WhatsApp sendiri menyedot banyak daya baterai lantaran membutuhkan banyak izin untuk bisa beroperasi dengan maksimal. Setidaknya ada 41 izin akses yang dibutuhkan oleh aplikasi ini dan sebagian besar berjalan dibelakang layar (Background) misalnya saja akses WiFi, foto, identitas, kontak hingga lokasi.

Copyright©Uswitch

Uswitch memaparkan daya tahan baterai yang buruk adalah momok terbesar untuk pengguna ponsel di seluruh dunia. Kendati ukuran baterai makin besar, sebagian besar smartphone masih berjuang untuk bisa melewati satu hari tanpa pengisian daya.

Baca juga : Meski Nyaman Dimata, Dark Mode di WhatsApp Ternyata Malah Bikin Masalah Ini !

“Yang benar-benar menguras baterai adalah aplikasi yang digunakan ponsel Anda. Dan, lebih khusus lagi adalah izin yang diperlukan aplikasi ini untuk memberikan Anda pengalaman terbaik. Ini bisa apa saja mulai dari mengakses kamera, kalender atau kontak Anda hingga menggunakan lokasi atau Wi-Fi,” ujar Uswitch dalam blognya, seperti dikutip Kamis (12/3/2020).

Akan tetapi kamu tak perlu terlalu panic karena kini WhatsApp punya solusi akan masalah daya tahan baterai tersebut. Yups, aplikasi yang identic dengan warna hijau itu baru saja meluncurkan fitur baru yang bernama mode gelap alias dark mode untuk aplikasi versi Android maupun iOS.

Fitur dark mode pada WhatsApp ini sendiri selain ramah di mata juga bisa menghemat baterai karena layar yang gelap mengurangi konsumsi daya baterai.

Baca juga : Sederet Fitur Yang Segera Sapa Pengguna WhatsApp Setelah Dark Mode, Nunggu Yang Mana?