Buruan Update, WhatsApp Luncurkan Fitur baru Anti Hoax!

0
445
Copyright©Tribunnews

Fitur Baru WhatsApp Bisa Meminimalisir Hoax

Eratekno.com – Aplikasi pesan instant WhatsApp dikabarkan telah mengulirkan fitur barunya kembali. Fitur ini diklaim mampu menangkal kabar hoax yang saat ini memang sangat meresahkan masyarakat, dan WhatsApp dijadikan media aplikasi penyebaran berita bohong tersebut.

Namun untuk sementara ini, fitur baru WhatsApp tersebut pertama kali datang untuk negara India. Seperti yang dilaporkan oleh Indianexpress, jika fitur baru ini belum sepenuhnya diterima oleh seluruh warga India, kemungkinan peluncuran ini dirilis secara bertahap.

Baca juga: 5 Trik Rahasia di WhatsApp Yang Perlu Kamu Coba !

Didalam fitur baru WhatsApp tersebut, jika terkait dengan tujuannya sebagai penangkal hoax, maka para pengguna bakal bisa melihat notifikasi jika pesan yang mereka terima ini merupakan jenis pesan berantai atau yang sudah dibagikan kebanyak orang.

Copyright©IndianExpress

“Jadi jika pengguna berusaha mem-forward message yang sebelumnya sudah diteruskan beberapa kali, WhatsApp bakal memberi notifikasi ke pengguna bahwa pesan itu akan ditandai dengan ‘sudah diteruskan berulang kali’,” tulis artikel itu.

Baca juga: Wajib Kamu Coba, Begini Cara Amankan Pesan WhatsApp Agar Tidak Hilang

Sebelumnya pihak WhatsApp telah melakukan uji coba dengan memberikan label ‘Frequently Forwarded’ untuk chat yang memang terindikasi sudah banyak diteruskan. Namun penampakan fitur baru tersebut dengan yang rilis di India ini nampak berbeda, diantaranya melalui sebuah ikon anak panah ganda.

“Baru-baru ini kami menggulirkan sebuah pembaruan label pesan terusan untuk membantu orang melakukan identifikasi ketika menerima pesan yang sebelumnya sudah diteruskan berulang kali, seperti pesan berantai. Forward message yang sudah berulang kali diteruskan ini akan ditandai dengan ikon panah ganda dan pengguna juga akan mendapatkan pemberitahuan ketika mereka hendak meneruskan lagi pesan semacam itu,” kata juru bicara WhatsApp kepada situs tersebut.

Jadi, fitur ikon panah dobel tersebut bakalan muncul apabila pesan WhatsApp yang diteruskan tersebut sudah lebih dari 5 kali. Namun mengenai jumlah berapa kali chat tersebut masih tetap mendapat perlindungan enkripsi secara end-to-end, jadi WhatsApp tetap merahasiakan mengenai detail jumlah persis pesan yang di forward tersebut.

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Bakal Ada Perubahan Besar, Bisa Login Dibanyak Perangkat!