Canggih Banget! Samsung Galaxy S9 Bisa Ukur Tekanan Darah Tanpa Alat Tambahan Lho

0
1772
Duo Galaxy S9
copyright©Kompas

My BP Lab, Aplikasi untuk Mengukur Tekanan Darah Punya Duo Galaxy S9

Eratekno.com – Bekerjasama dengan University of California, San Fransisco (UCSF), Samsung meluncurkan aplikasi kesehatan bertajuk My BP. Aplikasi yang tersemat di smartphone flagship Samsung Galaxy S9 dan galaxy S9+ ini membantu untuk memonito tekanan darah dan tingkat stress penggunanya.

Samsung membenamkan sensor optic di duo flagship tersebut yang bisa untuk mengukur tekanan darah pengguna langsung dari smartphone tanpa ada tambahan alat. Lantas aplikasi akan memberikan informasi tekanan darah dan tingkat stress pengguna setiap hari.

Salah satu tujuan dari aplikasi My BP Lab ini adalah untuk menyediakan umpan balik secara kontekstual dan ilimiah sehingga pengguna akan memperoleh informasi untuk memahami kesehatan mereka dan mampu mengatur kesehatan mereka lebih efektif.

Baca juga: Hands On : Samsung Galaxy S9 Punya 4 Fitur Andalan, Apa Aja Ya?

“Kami senang bekerja sama dengan UCSF untuk memanfaatkan sensor ini dan berkontribusi untuk penelitian yang akan memberikan manfaat kesehatan bagi pengguna kami”, ujar Senior VP and Leader of the Health Service Team Samsung, Peter Koo.

samsung Galaxy S9
[email protected]

Akurasi pengukuran tekanan darah dan tingakt stress akan di tingkatkan kedapnnya dengan pengumpulan data dari ribuan pengguna di dunia nyata. Saat pengguna membuka aplikasi My BP Lab, pengguna akan di undang untuk bergabung dalam penelitian UCSF selama tiga minggu untuk melacak tingkat stress dan bagaiman emosi dapat mempengaruhi kesehatan sehari-hari.

Nantinya, pengguna akan memberikan laporan tentang pola perilakukanya sehari-hari, seperti pola tidur, olahraga, dan diet. Lalu pengguna akan menggunakan sensor yang tertanam di smartphone untuk mengukur tekanan darahnya.

Baca juga: Pre-Order Samsung Galaxy S9 di Indonesia Dimulai, Ada Bonus Besar dan Spesial Lho!

Dati masukan yang di terima melalui aplikasi, pengguna bisa melihat pada hari apa tingkat stresnya cukup tinggi atau bagaiamana kualitas tidur mereka mempengaruhi tekanan darah pada pagi hari.

“Penelitian ini dapat memberikan kumpulan data terbesar tentang stres, pengalaman emosional sehari-hari, dan tekanan darah,” jelas profesor psikiatri UCSF, Wendy Berry Mendes, PhD.

Di lansir dari Samsung News Room, Kamis (1/3/2018) aplikasi My BP Lab mulai bisa di unduh di Google Play Store pada 15 Maret mendatang. Program ini baru tersedia bagi pengguna Galaxy S9 dan S9 Plus di Amerika Serikat yang berusia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya, Samsung juga pernah menyelipkan aplikasi kesehatan bernama S Health di Galaxy S4 tahun 2013 lalu. Aplikasi ini dapat di gunakan untuk mengukur berat badan, gula darah dan tekanan darah.

     Baca juga Mana Spesifikasi yang Paling Canggih, Samsung Galaxy S9 atau iPhone X ?