Canggih Sekali, Huawei Mate 10 Pro Dapat Kendalikan Mobil

0
354
huawei-mate-10
copyright©cossumer

Huawei Mate 10 Pro, Smartphone Canggih Bisa Kendalikan Mobil Mundur, Belok Kiri Kanan Hingga Berhenti

Eratekno.com – Pada era modern kali ini tak heran jika berbagai perangkat canggih bermunculan. Kini ada teknologi kecerdasan buatan (AI) didalam smartphone yang dapat menjadi asisten digital, bahkan juga bisa mengendalikan mobil pintar.

Sepertinya teknologi itu akan diterapkan oleh Huawei, kali ini mereka siap merealiasikan teknologi AI untuk mengendaikan mobil pada perangkat buatannya. Teknologi tersebut sepertinya bakal disematkan pada smartphone terbarunya yakni Huawei Mate 10 Pro.

Baca juga : Punya Aspek 19:9, Benarkah Huawei ANE-LX1 Adalah Huawei P20 Pro?

Perusahaan teknologi kenamaan asal Tiongkok itu diketahui melakukan misi penelitian kurang lebih selama 5 mingu lamanya. Mereka mencari tahu hal tersebut melalui proyek yang diamai ‘RoadReader’. Menganai hal ini juga dijelaskan oleh tim peneliti dan Insinyur di Huawei yang juga sebagai penggagas proyek tersebut.

Dia mengatakan jika Huawei Mate 10 Pro ternyata mampu mengemudika Posche Panamera. Dengan menggunakan bantuan teknologi AI, smartphone ini dapat membuat mobil tersebut melaju, berhenti, mengarahkan mobil ke kanan dan ke kiri serta mengerem secara tiba-tiba.

huawei-mate-10
copyright©tabloidpulsa

Teknologi tersebut diketahui memanfaatkan NPU di smartohone. NPU sendiri merupakan bagian canggih dari chipset Kirin 970 dan chipset ini dikembangkan dan dibuat oleh Huawei sendiri. Bagian canggih tersebut dapat mempercepat tugas mesin pembelajaran AI. Memafaatkan fitur kamera, smartphone dan teknologi pengenalkan objek.

Tim di proyek tersebut pun juga berhasil menjadikan Mate 10 Pro dapat mengenali tiap hambatan di jalan dan bermanuver di jalanan. Namun perlu diingat jika sebagian besar perusahaan yang mencoba membangun mobil self-driving menggunakan custom chips Nvidia, MobileEye dan lain-lain. Selain itu belum lagi sensor ektra yang mereka gunakan.

Baca juga : Huawei Honor V10 Kini Terima Update Fitur Canggih Lho, Seperti Apa?

Sedangkan Huawei sendiri dengan mulus berhasil mebuat Huawei Mate 10 Pro menjadi layanya alat kontrol yang hanya menggunakan prosessor berdaya rendah. Prosesor itu juag didukung dengan kedua kamera Leixa di perangkat tersebut. Namun belum ada konfirmasi resmi dari pihak Huawei terkait dengan teknologi AI pengendali mobil yang bakal disematkan pada perangkatanya ini.

Namun kabar lain menyebutkan jika teknologi ini akan dipamerkan di ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol. Acara ini sendiri bakal digelar mulai tanggal 28 Februari hingga 1 Maret mendatang.

Baca juga : Huawei P20 Punya Tiga Kamera Total 40 Megapiksel, Akankah Dirilis Bulan Depan?