Cara Agar Data di Google Plus Tetap Aman Sebelum Resmi Ditutup!

0
219
Copyright©tribunnews

Cara Amankan Data di Google Plus

Eratekno.com – Belakangan ini, Google dikabarkan akan menghentikan dan menutup akses salah satu layanan miliknya yang dikenal sebagai Google Plus (Google+). Dimana layanan ini tidak akan bisa digunakan lagi, baik membuat profil baru, halaman, komunitas maupun even, bahkan untuk fitur komentar untuk layanan ini di Blogger pun ditiadakan. Selain itu, tombol sign-in pun juga akan dihilangkan dari situs pada 2 April 2019 mendatang.

Baca Juga : Google Hapus Aplikasi Android Yang Bisa Mengakses Data Pengguna

Namun, sebelum layanan itu ditutup, Google telah memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengamankan data yang dianggap penting dan sempat dibagikan melalui layanan Google+ dengan cara mengunduhnya. Dimana pengguna bisa memback-up semua data mereka agar tetap aman. Sebagaimana yang dituliskan oleh Google, “Anda dapat mengunduh dan menyimpan konten Anda sebelum bulan April. Namun, perlu dicatat bahwa foto dan video Anda yang sudah disimpan di Google Photo tidak akan dihapus,” jelasnya.

Copyright© Istockphoto/

Lantas, bagaimana cara mengamankan data yang ada di Google Plus tersebut? Sebenarnya untuk mengunduh dan menyimpan data ini cukup mudah, dimana pengguna hanya perlu menuju ke laman Google+ >> Help >> Download your Google+, dengan begitu pengguna bisa mengunduh beberapa data yang dianggapnya penting. Seperti yang telah diarahkan oleh Google melalui blog resminya, tentang bagaimana cara mengamankan data-data yang sempat dibagikan lewat Google+. Berikut lebih jelasnya:

  • Pertama-tama, pengguna bisa masuk ke akun Google+ mereka masing-masing.
  • Kemudian, bisa lanjutkan dengan memilih Google+ Help dan pilih ‘Download your data’ atau lebih mudah melalui link berikut (https://takeout.google.com/settings/takeout/custom/circles,plus_one,plus_communities,stream).
Copyright©Eratekno
  • Untuk melanjutkan, pengguna bisa klik ‘Next’ namun sebelumnya bisa memilih tipe konten yang ingin diamankan atau diunduh dan disimpan.
  • Jika ingin mengunduh data tertentu, maka klik ‘Select Specific’, sementara untuk mengunduh semua konten yang ada, maka klik ‘File Type’.
  • Pilih layanan sesuai keinginan, seperti Google Drive, Dropbox dan Microsoft OneDrive untuk menyimpan konten dari Google+.
  • Kemudian, klik ‘Create Archive’.
  • Selesai deh.

Seperti itulah Cara Amankan Data di Google Plus yang bisa kalian coba dengan mudah. Sementara itu, kabar penghentian Google+ ini sendiri sebenarnya sudah tercium sejak Oktober 2018 lalu, lantaran sepi pengguna dan kasus kebocoran data, untuk itu sebelum penghentian ini berlanjut, maka aman-kan data penting kalian di Google+ terlebih dahulu.

Baca Juga : Google Assistant Akan Kedatangan Fitur Keamanan Baru, Seperti Apa?