Cara Backup Aplikasi Menjadi File APK Dengan Mudah di Smartphone Android!

0
316
Copyright©Tips dan Trik Android

Cara Mudah Backup Aplikasi Jadi File APK di Smartphone Android

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa setiap pengguna Smartphone Android pastinya memasang sejumlah aplikasi tertentu di dalam perangkatnya, mulai dari aplikasi chatting, browsing dan lain-lain. Biasanya, kita sendiri juga tidak akan tahu kapan aplikasi-aplikasi tersebut mengalami error, jadi melakukan backup aplikasi sesekali perlu dilakukan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kualitas Foto Buram di Smartphone Android Dengan Mudah!

Memang sih, untuk mengatasi aplikasi error biasanya dengan cara menghapusnya dan kemudian dipasang kembali, namun ini sepertinya akan sedikit ribet karena membutuhkan banyak paket data. Nah, biar lebih simpel dan efektif, sebaiknya kalian backup aplikasi tersebut menjadi File APK, sehingga aplikasi bisa diinstall ulang tanpa download lagi. Penasaran caranya? Langsung simak nih, berikut cara backup aplikasi menjadi File APK.

Cara Backup Aplikasi Menjadi File APK di Smartphone Android

  • Pertama-tama, kalian bisa download dan pasang aplikasi ‘AppBackup’ di masing-masing perangkat kalian melalui Google Play Store. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
cara backup aplikasi android ke sd card
Copyright©Androbuntu
  • Setelah itu, kalian bisa buka dan jalankan aplikasi AppBackup tersebut, dan kalian akan ditampilkan daftar aplikasi yang terinstall di Smartphone Android kalian. Dengan begitu, kalian bisa memilih salah satu aplikasi yang ingin kalian backup menjadi file APK.
  • Setelah klik aplikasi pilihan kalian, setelah itu akan muncul beberapa pilihan, maka kalian bisa pilih ‘Cadangkan file Penginstalan’.
  • Kemudian, kalian akan melihat tulisan ‘Diarsipkan…’ di bagian bawah aplikasi yang menandakan bahwa aplikasi kalian sudah dibackup menjadi file APK, dan telah disimpan di folder /ibu/backup.
  • Selesai deh. Dan untuk melihat file tersebut kalian bisa membuka file explorer, lalu masuk ke folder /ibu/backup. Maka kalian akan melihat fila apk yang telah di backup tadi dan bisa dibagikan ke teman melalui WhatsApp atau yang lainnya.

Nah, seperti itulah cara melakukan backup aplikasi menjadi File APK yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah di Smartphone Android menggunakan aplikasi AppBackup di Play Store. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga : Tanpa Ribet! Ini Cara Mudah Aktifkan Screensaver di Smartphone Android!