Cara Hentikan Download File Otomatis di WhatsApp, Lebih Hemat Kuota!

0
235
Copyright©Jalantikus

Cara Stop Download Otomatis di WhatsApp

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa aplikasi pesan instan WhatsApp memungkinkan pengguna bisa mengirimkan pesan berupa gambar, video dan file lainnya dengan mudah. Secara default, layanan per-pesanan ini sendiri akan mengunduh otomatis foto yang masuk dan menyimpannya ke dalam ponsel pengguna.

Baca Juga : Cara Mudah Membuka Pesan WhatsApp Saat Layar Ponsel Terkunci!

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, foto atau gambar yang dikirim melalui WhatsApp ini sendiri tanpa disadari bisa membuat ruang penyimpanan menjadi semakin penuh. Jadi, pengguna harus rajin-rajin menghapus file tersebut untuk membuat penyimpanan semakin lega. Namun, cara ini pastinya kurang efektif untuk dilakukan, untuk lebih membantu mengatasi masalah tersebut, sebaiknya kalian atur semua itu agar tidak mengunduh secara otomatis. Belum tahu? Langsung saja, berikut cara henti-kan download otomatis di WhatsApp dengan mudah.

Cara Stop Download Otomatis di WhatsApp

Untuk menghentikan download otomatis di WhatsApp ini bisa kalian lakukan baik menggunakan perangkat iOS maupun Android. Berikut langkah-langkahnya:

Perangkat iOS

Copyright©inet.detik
  • Pertama-tama, kalian bisa buka aplikasi WhatsApp di masing-masing iPhone dan tekan ‘Setting/Pengaturan’ yang berada di bagian pojok kanan bawah.
  • Setelah itu, pilih ‘Data and Storage/ Penggunaan Data dan penyimpanan’, lalu klik ‘Photo’ pilih opsi ‘Never’.
  • Agar maksimal, maka lakukan hal yang sama pada video, audio dan document.

Perangkat Android

Copyright©inet.detik
  • Pertama-tama, kalian bisa buka aplikasi WhatsApp di Smartphone Android dan lanjutkan dengan masuk menu Settings melalui ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas.
  • Kemudian, di menu Settings, kalian bisa pilih ‘Data and Storage’ atau penggunaan data dan penyimpanan.
  • Setelah itu, kalian bisa pilih opsi ‘Saat menggunakan data seluler’, diikuti dengan centang foto, video, audio dan Document. Hilangkan semua centang tersebut, dan di opsi lainnya juga sama.

Nah, seperti itulah cara henti-kan download otomatis di WhatsApp yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah, sehingga kalian tidak perlu lagi menghapus file satu per satu yang menyusahkan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Belum Tahu? Inilah 5 Fitur Baru WhatsApp Yang Akan Segera Dirilis!