Cara Mengatasi SIM Card Tak Terbaca di Smartphone Android

0
336
Copyright©Komando

Cara Mengatasi SIM Card Tak Terbaca di Smatphone

Eratekno.com – Apakah anda pernah mengalami masalah kartu SIM tak terbaca di Smartphone Android? Tentu bete banget ya? Apalagi saat itu dalam keadaan darurat. Nah sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa Kartu SIM ini tak bisa terbaca, seperti usia kartu SIM, Kuningan rusak, atau SIMCard Overheat.

Namun sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah tersebut, kita punya tips sederhana untuk mengatasi SIM card tak terbaca di Smartphone Android. Bagaimana? Langsug saja simak caranya dibawah ini.

Baca juga: Rekomendasi 4 Smartphone Android RAM GB Terbaik dan Murah

Bersihkan SIM Card

Langkah pertama yang bisa anda lakukan saat SIM card tak terbaca di Smartphone Android adalah membersihkannya. Buka dan lepaskan kartu, setelah itu bersihkan debu yang menempel pada kartu SIM. Setelah yakin bersih, silahkan pasang lagi.

Copyright©Komando

Matikan Smartphone dan Coba SIM Lain

Jika cara pertama belum berhasil, maka silahkan lepas lagi dan ganti dengan kartu SIM lain. Siapa tahu yang bermasalah bukan SIM card-nya, namun Smartphone Android anda.

Baca juga: Layak Dinanti, Inilah Daftar Smartphone Android Dengan Jaringan 5G

Atur Ulang Jaringan

Selain itu, bisa jadi masalah ini ditimbulkan dari operator jaringan dari kartu SIM itu sendiri. Untuk mengatasi ini, silahkan atur ulang jaringan di Smartphone Android anda. Caranya pergi ke menu Setting >> Network & Internet >> Mobile Network >> Access Point Names. Disini, silahkan atur secara manual APN anda dengan jaringan dari operator seluler yang digunakan.

Factory Reset

Cara mengatasi SIM card tak terbaca di Smartphone Android selanjutnya dengan melakukan factory reset. Dengan melakukan ini, maka mengembalikan smartphone seperti setelah pabrik.

Konsultasi ke Customer Service

.jika semua cara diatas masih tetap tak bisa, maka langkah terakhir adalah bertanya ke Customer Service atau menuju ke galeri dari operator seluler tersebut. ada kemungkinan bukan Smartphone Android kamu yang bermasalah, namun karena SIM Card rusak.

Baca juga: Cuci Gudang, Puluhan Smartphone LG Dipangkas Hingga Rp 3 Jutaan