Cara Mudah Mengatasi Opera Mini Mendadak Berhenti di Smartphone Android!

0
2287
Copyright©opera mini

Cara Atasi Opera Mini Yang Tiba-Tiba Berhenti di Smartphone Android

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa sekarang ini sudah banyak aplikasi untuk Smartphone Android yang dihadirkan, mulai dari aplikasi chatting, editing, hingga browsing. Di era perkembangan zaman modern seperti sekarang ini, pastinya kalian tidak asing pula dengan internet yang selalu membantu kalian menyelesaikan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi UC Browser Bermasalah di Smartphone Android!

Untuk berselancar di Dunia Maya sendiri, kalian pastinya membutuhkan bantuan sebuah browser agar lebih mudah. Diantara banyaknya browser yang tersedia, salah satunya adalah Opera Mini. Ya, aplikasi browser ini sangat populer dan memiliki ukuran kecil serta tidak memberatkan kinerja perangkat, jadi tak heran jika banyak yang menggunakannya. Namun, bagaimana jika browser ini tiba-tiba terhenti dengan sendirinya? Jangan khawatir, karena kali ini ada cara untuk mengatasinya. Simak yuk!

Cara Mengatasi Opera Mini Mendadak Berhenti di Smartphone Android

Bersihkan File Sampah

Hasil gambar untuk Bersihkan File Sampah opera mini
Copyright©The Opera blog

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan file sampah (cache) di dalam aplikasi, sehingga aplikasi tidak menanggung beban tumpukan sampah yang menyebabkan masalah.

Hapus Data Aplikasi

Kemudian, kalian bisa mencoba untuk menghapus data aplikasi Opera Mini, namun ini bersifat sementara, jadi akan mengembalikan kondisi browser seperti semula. Tetapi sebelumnya, sebaiknya henti-kan proses aplikasi ini secara paksa baru menghapus data di dalamnya.

Hapus Riwayat Pencarian

Hasil gambar untuk Hapus Riwayat Pencarian opera mini
Copyright©Inwepo

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus history atau riwayat pencarian agar masalah bisa teratasi. Hal ini penting untuk dilakukan, karena riwayat pencarian yang terlalu banyak bisa menyebabkan aplikasi menjadi error. Jadi sebaiknya kalian bersihkan history secara rutin untuk menghindari masalah pada aplikasi.

Lakukan Pembaruan Aplikasi

Kalian juga bisa atasi masalah tersebut dengan melakukan update Opera Mini ke versi terbaru. Pasalnya, untuk versi lama bisa saja memiliki banyak bug di dalamnya, sehingga mengalami sedikit masalah.

Install Ulang Opera Mini

Hasil gambar untuk opera mini play store
Copyright©Plimbi.com

Dan yang terakhir adalah dengan mencopot aplikasi Opera Mini dan memasangnya kembali. Namun, sebelum uninstall, kalian bisa henti-kan prosesnya secara paksa, setelah itu baru menginstall ulang aplikasi.

Itulah cara mengatasi Opera Mini mendadak berhenti di Smartphone Android yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Tanpa Ribet! Ini Cara Mudah Hapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus!