Cegah Hal Negatif, Instagram Akan Hilangkan Konten Sensitif Dalam Platform!

0
77
Copyright©GadgetGaul

Instagram Bakal Menyamarkan Konten Sensitif

Eratekno.comInstagram memang menjadi salah satu media sosial paling populer dan digemari banyak orang khususnya para generasi millenial. Dimana jejaring sosial ini bukan hanya untuk berkomunikasi saja, melainkan juga berbagi informasi, bahkan banyak pelaku bisnis yang juga memanfaatkan platform ini sebagai media promosi.

Baca Juga : Update Instagram Versi 75 Bawa Masalah Bagi Pengguna iPhone 2018, Kok Bisa?

Instagram sendiri selalu berupaya keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna agar tetap nyaman dalam menggunakan platform-nya. Dan seperti sekarang, setelah beberapa waktu lalu seorang remaja (14) di Inggris telah mengakhiri hidupnya setelah melihat konten negatif, aplikasi yang lebih dikenal dengan sebutan IG ini diketahui mulai menanggapi serius tentang konten sensitif yang terkait dengan aksi bunuh diri atau upaya menyakiti diri sendiri. Dimana pihaknya akan menggunakan fitur ‘Sensitivity Screens’ untuk menyamar-kan konten sensitif dengan efek blur.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Adam Mosseri selaku CEO Instagram bahwa selain menutupnya menggunakan fitur andalannya tersebut, mereka juga akan menghapus konten terkait dari pencarian, tagar atau rekomendasi lainnya. Namun, perlu diketahui, bahwa foto atau video sensitif itu tidaklah dihilangkan, melainkan disembunyikan dan pengguna masih bisa melihatnya. Hal ini hanya dilakukan untuk menghentikan penyebaran konten bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Copyright©Instagram

“Kami harus melakukan apapun yang kami mampu untuk menjaga orang-orang yang rentang untuk tetap aman menggunakan platform kami. Untuk lebih jelasnya, kami tidak mengijinkan unggahan yang mempromosikan atau mempengaruhi orang untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri. Kami sangat mengandalkan komunitas kami untuk melaporkan konten tersebut dan menghapusnya sesegera mungkin setelah ditemukan. Intinya adalah kami belum cukup menemukan gambar-gambar ini sebelum dilihat orang lain,” jelas Mosseri.

Instagram sendiri juga menjalin kerjasama dengan teknisi dan pengulas konten terlatih untuk memberantas penyebaran konten sensitif tersebut. Namun, belum diketahui apakah mereka juga akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali hal sensitif secara otomatis.

Terkait hal itu, Instagram sendiri nantinya juga akan mengarahkan pengguna yang sedang berusaha bangkit dari keterpurukan ke organisasi yang mampu menolongnya seperti Papyrus dan Samaritans.

Baca Juga : Yeay! Instagram Kini Bisa Posting ke Banyak Akun Secara Bersamaan, Begini Caranya!