Cegah Penyebaran Hoax, WhatsApp Batasi Jumlah Pesan Yang Diteruskan!

0
133
Copyright©Hindustan Times

Pesan WhatsApp Hanya Bisa Diteruskan Hingga 5 Kali Saja

Eratekno.com – Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa aplikasi pesan instan WhatsApp memang menyediakan berbagai macam fitur menarik yang memudahkan pengguna dalam berkomunikasi, salah satunya adalah memungkinkan pengguna bisa meneruskan pesan ke beberapa kontak yang ada, sebut saja (forward). Namun, tak sedikit pengguna ternyata justru menyalahgunakan fitur ini untuk menyebarkan berita hoax alias palsu.

Baca Juga : Cara Mengecek Chat di Grup WhatsApp Sudah Dibaca Atau Belum!

Terkait hal itu, WhatsApp pun tak tinggal diam, karena pihaknya belakangan ini dikabarkan akan mengubah jumlah pesan yang bisa diteruskan dari 20 kontak, sekarang menjadi lima kontak saja. Hal ini pun sebenarnya sudah hadir di India tahun lalu, dan sekarang waktunya Indonesia menerima kebijakan tersebut. Hadirnya pembaruan ini sendiri memang bertujuan untuk menekan peredaran hoaks dari pesan berantai yang lebih banyak dikirim melalui platform ini. Sebagaimana yang dikatakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam keterangan pers di Jakarta, bahwa fitur ini memang untuk mengurangi potensi viralnya hoaks.

Copyright©kompas

“(Fitur forward ini) untuk mengurangi potensi viralnya hoaks. Ini sebetulnya kami bicarakan sejak September tahun lalu. Kemudian dua bulan terakhir sudah dilakukan uji coba beta. Kolaborasi ini kami sambut baik, ini menunjukkan bahwa WhatsApp datang ke Indonesia bukan hanya untuk bisnis tapi untuk menciptakan pasar yang kondusif,” jelasnya.

Bukan hanya Indonesia, tapi setidaknya ada empat hingga lima negara yang sedang membicarakan fitur tersebut dengan WhatsApp. Seperti yang dikatakan oleh VP Piblic Policy & Communication WhatsApp Victoria Grad, bahwa “Kami telah menguji coba di seluruh dunia sejak musim panas sekitar bulan Juli atau Agustus lalu. Yang kami lihat adalah perilaku meneruskan pesan turun 20 persen sejak diimplementasikan sejak musim panas lalu,” tuturnya.

Dan perlu diketahui, bahwa fitur forward WhatsApp ini memungkinkan pengirim pesan memilih lima kontak, baik personal atau grup, kemudian akan muncul sebuah pop-up yang menunjukkan bahwa pengirim sudah mencapai batas maksimal, dan mereka hanya bisa mengirimkan pesan ke lima kontak saja.

Baca Juga : Stiker WhatsApp Nantinya Bisa Dipilih Dari Gboard Lho, Mau Coba?