Cek HP-mu Sekarang ! Aplikasi Android Ini Rawan Curi Data Pengguna Lho !

0
1101

Pengguna Android Disarankan Periksa Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall, Ini Alasannya !

Eratekno.comBaru-baru ini kabar mengejutkan datang untuk para pengguna HP Android. Yups pengguna Google Android di desak untuk memeriksa aplikasi Android yang telah mereka install di ponsel mereka.

Eringatan telah datang melalui tim di Twitter yang belum lama ini menerima laporan tentang perangkat lunak ponsel jahat yang memungkinkan peretas mengakses data pribadi. Ancaman ini bukan karena masalah dalam perangkat lunak sendiri, beberapa aplikasi Android palsu berpotensi membuat pengguna terbuka untuk mendapat serangan siber.

“Tim keamanan kami telah menentukan bahwa SDK berbahaya, yang dapat disematkan dalam aplikasi seluler, berpotensi mengeksploitasi kerentanan dalam ekosistem seluler untuk memungkinkan informasi pribadi (email, nama pengguna, Tweet terakhir) untuk diakses dan diambil menggunakan SDK berbahaya.”

Baca juga : Sabet Penghargaan Smartphone Terbaik, HP Android Murah Rp1jutaan Ini Layak Kamu Beli !

“Meskipun kami tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa ini digunakan untuk mengendalikan akun Twitter, ada kemungkinan seseorang dapat melakukannya,” tulisnya dalam Twitter sebagaimana dilansir laman Express.uk.

Meski tak ada akun yang ditempatkan di tangan penjahat siber, Twitter telah mengonfirmasi bahwa bukti telah ditemukan yang menunjukkan bahwa serangan ini telah dipakai untuk mengakses beberapa akun Android. Oleh sebab itu pengguna diberi saran untuk memeriksa aplikasi Android di ponsel mereka.

Copyright┬ęBrilio

“Jika dipikir Anda telah mengunduh aplikasi jahat dari toko aplikasi pihak ketiga, kami sarankan Anda segera menghapusnya,” kata Twitter dalam sebuah blog yang diposting secara online.

Baca juga : Siapkan Uangmu! 2 Smartphone Murah Baterai 5000mAh Ini Masuk Indonesia Pekan Depan !

Mereka yang menjadi sasaran serangan ini bakal dihubungi oleh Twiiter dan jejering sosial itu mengatakan bahwa mereka telah memberi tahu Google dan Apple tentang SDK berbahaya ini.

Twitter juga mengatakan jika pengguna tak mengenali salah satu dari mereka atau jika Anda tak lagi menggunakannya disarankan agar pengguna mencabut akses untuk aplikasi Android itu untuk menjaga keamanan akun.

“Kami pikir penting bagi orang untuk menyadari bahwa ini ada di luar sana dan bahwa mereka meninjau aplikasi yang mereka gunakan untuk terhubung ke akun mereka,” kata Lindsay McCallum, seorang juru bicara Twitter mengatakan kepada CNBC.

Seiring dengan Twitter, juga di laporkan beberapa pengguna Facebook mungkin jadi sasaran serangan yang sama.

Baca juga : Pesan Rahasiamu Dijamin Aman dengan Fitur Baru WhatsApp Ini, Mau Coba?