Chip Anyar Helio P60 Besutan MediaTek, Usung Fitur Kekinian Lho !

0
311
[email protected]

Mediatek Luncurkan Chip Helio P60, Dukung Kecerdasan Buatan !

Eratekno.com – Kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau disebut AI kian hari makin populer di industri gadget. Dimana pabrikan hardware tersebut yang terus mengikuti tren kali ini, yakni termasuk MediaTek dimana dalam pekan ini yang telah mengumumkan sebuah system-on-chip (SoC) baru yang bertajuk Helio P60.

Baca Juga : Berseteru Dengan Qualcomm, iPhone 2018 Akan Pakai  Modem MediaTek?

Mengarah segmen kelas menengah, Helio P60 yang sudah dibekali dengan teknologi canggih, yakn kecerdasan buatan yang bernama NeuroPilot, berikut prosesor khusus (AI Processing unit, APU) untuk membantu menangani kebutuhan tersebut.

Copyright©Kompas

Arsitektur komputasi AI bekerja dengan mulus antara CPU, GPU, dan APU di dalam SoC untuk memaksimalkan kinerja dan efisiensi daya,” sebut MediaTek dalam sebuah pernyataan. SDK NeuroPilot buatan MediaTek yang ditujukan untuk Helio P60 yang didukung dengan API Android Neural Networks dari Google, dengan beberapa framework AI yang telah banyak dpkaia, misalnya TensorFlow, Caffe, TF Lite, dan Caffe 2.

Baca Juga : Oh,, Ternyata Ini Rahasia Smartphone Evercoss Harganya Bisa Murah!

Sedangkan untuk CPU, Helio P60 ini yang mengusung delapan core yang terdiri dari empat inti ARM Cortex-A73 2 GHz dan empat inti ARM Cortex-A53 2 GHz. MediaTek yang berjanji bakal memberikan lompatan performa sampai dengan 70 persen ketimbang dengan Helio P30 generasi sebelumnya.

Untuk pengolah grafis (GPU) yang disematkan kali ini yakni Mali-G72 MP3 yang disebut mampu memberikan peningkatan hingga 70 persen dari Mali-G71 MP2 milik dari Helio P30. Seperti yang dilansir melalui KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (28/2/2018),

Helio P60 yang diproduksi dengan proses fabrikasi 12nm yang disebut mampu lebih irit daya yakni antara 12 smapai dengan 25 persen ketimbang Helio P23.

Helio P60 yang juga menghadirkan adanya modem 4G LTE dengan dukungan VoLTE SoC ini yang bakal dipasarkan secara global pada awal kuartal II 2018. Tetapi hingga kini masih belum diketahui pabrikan gadget mana saja yang bakal mengusung chip canggih ini.

Baca Juga : Wiko Boyong 5 Smartphone Kekinian ke MWC 2018, Apa Saja?