Chrome Ancam Bakal Blokir Situs Iklan yang ‘Mengganggu” !

0
363
[email protected]

Chrome Ancam Blokir Situs Nakal Beriklan ‘Ganggu” !

Eratekno.com – Peramban buatan Google, yakni Chrome yang kini  mulai berlakukan penyaringan iklan yang sesuai dengan kaidah Better Ads Standars. Sesuai dengan janjinya pada Juni tahun lalu, untuk mengatasi masalah banyaknya iklan yang mengganggu kenyamanan pengguna, per 15 Februari 2018 ini Chrome bakal menyaring iklan yang muncul tidak sesuai dengan standar iklan pada umumnnya.

Baca Juga : Hapus Tombol ‘View Images’ Dari Hasil Googling, Google Lakukan Demi Selesaikan Masalah?

Engineering Manager Chrome Chris Bentzel yang mengungkapkan jika setelan tersebut yang ditujukan tidak semata-mata untuk penyaring iklan yang muncul namun lebih untuk kenyamanan serta pengalaman bagi pengguna sehingga akan lebih baik.

chrome
[email protected]

Telah tercatat, per 12 Februari ada sejumlah 42% situs yang mendapatkan penilaian “fails” menurut Better Ads Standards yang sudah membenahi mengenai aturan iklan mereka. “Ini adalah hasil yang kami harapkan. Situs-situs tersebut akan memperbaiki iklan-iklan yang mengganggu dan memberikan keuntungan bagi semua penggunanya,” ujar Bentzel seperti tertulis dalam laman blog Chrome.

Justru sebaliknya, bila terus mempertahankan adanya iklan yang tidak sesuai hingga 30 hari setelah diberitahu tentang adanya pelanggaran, maka Chrome bakal menyaring iklan pada situs tersebut. “Kami didorong oleh hasil awal yang menunjukkan pergeseran industri akibat iklan yang menggangu ini. Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan industri menuju masa depan di mana filter iklan ini tak diperlukan lagi,” katanya.

Baca Juga : Fitur Kamera Tercanggih, Mana yang Terbaik iPhone X, Google Pixel 2, atau Galaxy Note…

Better Ads Standards yang merupakan hasil dari riset konsumen publik yang telah dilakukan oleh Coalition for Better Ads, yakni sebuah grup industri yang fokus untuk menangani masalah pengguna yang berkaitan dengan adanya iklan yang mengganggu.

Survei yang diikuti oleh lebih dari 40.000 pengguna Internet di Amerika Utara dan Eropa yang ikut berpartisipasi. Mereka diperlihatkan iklan-iklan yang sering muncul, kemudian mereka diminta untuk mengavealuasi iklan mana yang paling mengganggu tersebut.

Hasilnya, ada sejumlah jenis iklan yang tergolong mengganggu di antaranya iklan yang tampil memenuhi seluruh layar, iklan pop-up, iklan animasi serta iklan video yang otomatis terputar sendiri. Lepas dari itu semua, sebagian besar iklan yang muncul tersebut dikendalikan oleh pengelola situs tempat iklan tersebut dipasang. Misalnya, komposisi iklan serta durasi kemunculan iklan itu sendiri.

Berdasarkan dari hasil penelitian itu, Chrome yang pendekatan agar dapat mengevaluasi bagaimana baiknya situs untuk mematuhi Better Ads Standards memberikan peringatan pada situs pelanggar dan memberikan kesempatan untuk mengevasluasi iklan yang kurang sesuai dengan standart nya, dan mencabut iklan dari sebuah situs yang  masih tetap melanggar.

Baca Juga : Google Umumkan “Gmail Go”, Aplikasi Ringan dan Bebas Spam !