Coolpad Gugat Xiaomi Ke Meja Hijau, Kenapa?

0
1733
copyright©technoid

Xiamoi Digugat Coolpada Gegera Pelanggaran Hak Paten

Eratekno.com – Salah satu anak perusahaan dari Coolpad Group, Yulong Computer Communication Technology menuding bahwa Xiaomi atas dugaan pelanggaran paten.

Di lansir dari Gizmochina pada Selasa (30/1/2018), ada empat perusahaan yang dituding telah melakukan pelanggaran paten, yakni Xiaomi Communications Technology Co Ltd, Xiaomi Technology Co Ltd, Shenzhen Tongtianda Electronics Co Ltd, serta Xiaomi Co Ltd Shenzhen.

Berdasarkan gugatan yang di layangkan oleh Yulong, Xiaomi beserta grupnya telah memproduksi, berjanji untuk menjual dan telah menjual produk yang sebenarnya berdasarkan pada paten yang dimiliki oleh Yulong.

Baca juga: Kantongi Sertifikat TKDN, Xiaomi Siap Luncurkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Indonesia

Paten tersebut di antaranya adalah Patent Np.ZL200610034034.8, Patent No.ZL201210250264.3 dan Patent No.Z:201210064396.7. Singkatnya, paten tersebut terkait dengan ikon aplikasi, notifikasi dan sistem antarmuka pengguna.

Yulong menyebut, pelanggaran paten mereka oleh Xiaomi telah membuat perusahaan mengalami kerugian yang serius. Untuk itu Yulong meminta pengadilan untuk segera menghentika Xiaomi dari upaya dan penjualan produk-produk yang di buat berdasarkan paten mereka.

Yulong juga meminta agar tergugat membayarkan kompensasi atas kerugian yang di derita dan menanggung biaya gugatan, biaya notaries, dan biaya lainnnya terkait pelanggaran paten. Gugatan hukum ini telah di terima oleh Pengadilan Provinsi Guandong, di Tionglok. Meski begitu, proses hearing untuk kasus ini belum di mulai.

Sebagai informasi, belum lama ini CEO Coolpad, Jiang Chao mengatakan perusahaannya telah memiliki lebih dari 10.000 paten. Menurutnya banyak dari paten-paten tersebut yang di curi oleh perusahaan lain.

copyright©mobileworldlive

Baca juga: Predikat ‘Perusak Harga Pasar’ Akan Hilang Jika Melihat Harga Harga Xiaomi Mi 7

Chao mengatakan pihaknya berupaya untuk mengambil tindakan hukum terhadap perusahaan yang di duga telah mengambil paten Coolpad. Saat ini, Xiaomi menjadi perusahaan pertama yang di gugat oleh Coolpad terkait masalah pelanggaran paten.

Sementera itu, Xiaomi sendiri di kabarkan akan segera melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO (Initial Public Offering) dalam waktu dekat ini. di lansir dari Bussines Insider Selasa (16/1/2018) jika memang lancar prosesnya IPO bisa saja berlangsung pada pertengahan 2018.

Akan tetapi, hingga kini, perusahaan yang kerap dijuluki “Apple-nya Tiongkok” tersebut masih belum memilih perusahaan mana yang akan menjadi penjamin emisi dan lokasi agar bisa melantai di bursa. Jika IPO berhasil, valuasi Xiaomi bisa berpotensi menyalip nilai IPO terbesar Alibaba.

        Baca juga Xiaomi Redmi 5A Blue Segera Hadir di Indonesia, Kapan?